Berbagai Cara untuk Naikkan Trombosit
ilustrasi
Kesehatan

Berbagai Cara untuk Naikkan Trombosit

Jumat, 20 Mar 2020 | 07:39 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Cara menaikkan trombosit yang mudah adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Trombosit adalah sel darah yang penting dalam pembekuan darah normal. Jumlah trombosit dapat digunakan sebagai metode deteksi dini dan mendiagnosis berbagai penyakit. 

Beberapa penyakit yang membuat trombosit turun antara lain, kekurangan zat besi, gangguan ginjal, infeksi sepsis dan demam berdarah (DBD).

Cara Menaikkan Trombosit saat DBD

Menurunnya jumlah trombosit memiliki dampak buruk pada tubuh. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasinya untuk meningkatkan trombosit. Berikut adalah beberapa tips menaikkan trombosit yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Makanan Kaya Vitamin A

Cara menaikkan trombosit dengan vitamin A yang sangat penting untuk memproduksi trombosit yang sehat. Nutrisi ini dikenal penting untuk membentuk protein dalam tubuh.

Kandungan protein yang sehat dalam tubuh dapat membantu dalam proses pembentukan dan pertumbuhan sel. Beberapa makanan yang mengandung vitamin A termasuk wortel, labu, kangkung, dan ubi jalar.

2. Makanan Kaya Vitamin K

Makanan untuk meningkatkan trombosit darah termasuk makanan kaya vitamin K. Nutrisi ini sangat diperlukan untuk membantu pertumbuhan sel yang sehat pada tingkat optimal dalam tubuh.

Makanan yang mengandung vitamin K adalah kangkung, telur, sayuran berdaun hijau, hati, daging, kol, dan peterseli dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit darah.

3. Makanan Kaya Vitamin B12

Vitamin B12 dapat membantu menjaga sel-sel darah tetap sehat. Tubuh yang kekurangan B12 telah dikaitkan dengan jumlah trombosit yang rendah. Oleh karenanya, cara menaikkan trombosit dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, seperti hati sapi, remis, telur, susu, dan keju.

TAGS:
trombositsel darah merahDBD

RELATED STORIES

Loading interface...