Berbagai Jenis Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Asam Urat
ilustrasi
Kesehatan

Berbagai Jenis Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Senin, 23 Mar 2020 | 07:59 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Jika kadar asam urat Anda tinggi, dokter biasanya menyarankan Anda untuk lebih bijak memilah-milih makanan. Pasalnya makanan tertentu yang tinggi purin, seperti jeroan hewan dan daging berlemak rentan membuat gejala asam urat kambuh sewaktu-waktu. Lantas jika ada banyak pantangan untuk penderita asam urat, makanan apa yang baik? Jawaban sederhananya, makanan penurun asam urat alami adalah yang rendah purin. Apa saja pilihannya?

Daftar makanan penurun asam urat untuk penderita gout

Penyakit asam urat alias gout adalah peradangan sendi akibat kadar uric acid (asam urat) yang terlalu tinggi dalam darah. Kelebihan cairan asam urat dalam darah lama-lama akan berkumpul dan mengeras di persendian, menyebabkan nyeri sendi.

Cairan asam urat itu sendiri merupakan zat limbah yang dihasilkan tubuh ketika mengolah bahan kimia yang disebut purin. Tubuh manusia memproduksi purin dalam jumlah kecil. Akan tetapi, asupan purin tambahan dari makanan sehari-hari dapat meningkatkan kadar purin dalam tubuh dan membuat ginjal kesulitan mengolahnya dengan baik.

Makanan rendah purin umumnya menghasilkan 100 miligram purin per 100 gram makanan. Itu kenapa makanan rendah purin dapat digunakan sebagai penurun asam urat alami.

Namun, perlu dipahami bahwa makanan ini bukanlah cara untuk mengobati kondisi penderita asam urat. Menerapkan pola makan sehat utamanya membantu menurunkan risiko serangan asam urat berulang dan memperlambat laju kerusakan sendi.

TAGS:
kesehatanAsam Uratmakanan

RELATED STORIES

Loading interface...