Berbagai Kesalahan yang Terjadi Saat Lakukan Diet
ilustrasi
Kesehatan

Berbagai Kesalahan yang Terjadi Saat Lakukan Diet

Sabtu, 9 Mei 2020 | 10:18 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Ada beberapa kesalahan dalam diet yang mana jika hal ini Anda lakukan, dampaknya bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Nah, jangan sampai melakukan cara diet yang salah tersebut, ya. Apa saja macam-macam kesalahan diet yang harus dihindari? Simak informasinya berikut ini!

Macam-Macam Kesalahan dalam Diet

Diet adalah cara yang lazim digunakan untuk mendapatkan berat badan ideal, pun menjaga agar tubuh senantiasa sehat. Sayangnya, banyak pelaku diet yang tidak benar-benar menerapkannya dengan baik. Alih-alih mengikuti aturan diet yang benar, yang justru dilakukan adalah cara diet yang salah. Jika tidak segera diubah, hal ini tentu bisa membawa dampak negatif bagi tubuh.

Berikut adalah macam-macam kesalahan diet yang perlu Anda ketahui dan sebaiknya hindari!

1. Konsumsi Kalori Terlalu Rendah

Mengurangi asupan kalori harian menjadi cara diet yang salah dikarenakan tubuh sejatinya memerlukan kalori setiap hari. Pada perempuan, kebutuhan kalori hariannya sekitar 2000 kalori, sedangkan laki-laki membutuhkan sekitar 2500 kalori per hari. Apabila kalori yang masuk dibatasi hingga sekitar 1000 kalori atau bahkan kurang, hal ini justru akan menyebabkan rendahnya metabolisme tubuh yang lantas berdampak negatif bagi tubuh seperti kelelahan dan penurunan massa otot.

Mengurangi asupan kalori selama menjalani program diet memang disarankan, namun jangan sampai asupan kalori yang masuk kurang dari 1000 kalori. Biar bagaimanapun, kalori adalah sumber energi bagi tubuh Anda.

2. Mengurangi Frekuensi Makan, bukan Porsi Makan

Hal ini juga seringkali menjadi kesalahan dalam diet yang banyak dilakukan oleh para pelaku diet (mungkin teramasuk Anda salah satunya).  Mengurangi frekuensi makan yang dimaksud di sini seperti tidak makan sarapan. Padahal, makan di pagi hari sangat penting guna mengisi energi sebelum melakukan aktivitas sehari-hari, pun mencegah diri dari  mengonsumsi gula atau lemak berlebihan di saat lapar.

Makan secara teratur (3 kali sehari) akan meningkatkan metabolisme tubuh yang membantu mengurangi berat badan karena proses pembakaran lemak dan kalori lebih mudah. Hal ini berbanding terbalik saat tubuh dalam keadaan lapar, di mana metabolisme secara alami akan mengalami penurunan.

Oleh karena itu, alih-alih mengurangi frekuensi makan, Anda lebih disarankan untuk mengurangi porsi makanan di tiap-tiap waktu makan. Hal ini dinilai lebih efektif dan aman untuk tubuh.

3. Kurang Olahraga

Anda sudah menerapkan pola diet yang tepat, mulai dari pemilihan hingga porsi makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sayangnya, berat badan tidak juga menurun kendati program diet seudah berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Sesuatu yang salah pasti terjadi, namun apakah itu?

Ya, sepertinya Anda lupa jika keberhasilan program diet tidak hanya tentang bagaimana mengendalikan pola makan. Hal ini juga harus ditunjang dengan sejumlah aktivitas sehat lainnya, salah satu yang paling utama adalah berolahraga. Olahraga bertujuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak dan kalori dapat berjalan optimal. Alhasil, berat badan pun akan menurun.

Oleh karena itu, jangan sampai Anda melakukan kesalahan diet yang satu ini, ya! Lakukan kegiatan olahraga setiap hari guna mempercepat penurunan berat badan, pun agar tubuh senantiasa bugar.

TAGS:
kesehatandietkalori

RELATED STORIES

Loading interface...