Berbagai Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan
ilustrasi
Kesehatan

Berbagai Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan

Senin, 27 Jan 2020 | 11:55 | Rusmanto
Winnetnews.com - Jeruk (Citrus sinensis) adalah salah satu buah yang paling populer di seluruh dunia. Buah yang berasal dari Asia Tenggara dan merupakan keluarga dari Rutaceae ini memiliki kandungan antioksidan yang melimpah, sehingga dipercaya mengurangi berbagai risiko penyakit serta digunakan sebagai perawatan kecantikan. Apa saja manfaat buah jeruk yang bisa didapatkan? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Kandungan Buah Jeruk

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat buah jeruk, hal penting yang juga harus dipahami adalah kandungan di dalam buahnya. Satu buah jeruk sedang (sekitar 154 gram) mengandung 80 kalori, 0 gram lemak, 250 miligram kalium, 19 gram karbohidrat (14 gram gula dan 3 gram serat makanan) serta 1 gram protein.

Satu jeruk menyediakan 130 persen kebutuhan vitamin C harian, 2 persen kebutuhan vitamin A, 6 persen kalsium dan 0 persen zat besi. Selain itu, jeruk  juga mengandung tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, asam pantotenat, fosfor, magnesium, mangan, selenium, tembaga, kolin, zeaxanthin, dan karotenoid.

Jeruk juga merupakan sumber vitamin B yang baik yaitu thiamin (B1) dan folat (asam folat atau B9). Thiamin memainkan peran penting dalam perkembangan, pertumbuhan, dan fungsi semua sel dalam tubuh. Folat penting dalam pembentukan sel darah merah, pertumbuhan dan fungsi sel.

Selain mengandung banyak air, buah yang memiliki warna daging dan kulitnya oranye ini mengandung lebih dari 170 phytochemical dan 60 flavonoid, keduanya merupakan senyawa kimia yang terjadi secara alami pada tanaman yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu memerangi peradangan.

TAGS:
jerukkesehatan tubuhkecantikan

RELATED STORIES

Loading interface...