Berbagai Penyebab Lidah Terasa Gatal
ilustrasi
Kesehatan

Berbagai Penyebab Lidah Terasa Gatal

Rabu, 7 Apr 2021 | 13:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Lidah adalah organ tubuh yang berfungsi membantu tubuh untuk mencerna makan, menelan, berbicara, dan lainnya. Jarang orang ketahui, kalau fungsi lidah juga bisa mencerminkan kesehatan tubuh secara umum. Misalnya sajalidah kuning yang mungkin menandakan Anda punya sakit kuning atau hanya sebatas mulut kering dan jarang sikat gigi. Lalu, bagaimana dengan lidah gatal, perih, kering, dan berwarna pucat? Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Simak jawabannya di bawah ini.

Berbagai hal penyebab lidah gatal dan cara mengatasinya

Lidah gatal merupakan salah satu masalah gusi dan mulut yang paling umum ditemui. Umumnya kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan dan dapat hilang dengan sendirinya, terlebih jika Anda rutin melakukan perawatan mulut dengan benar. Namun ada pula beberapa kondisi yang perlu perhatian khusus dan penanganan dokter.

Berikut adalah beberapa penyebab lidah gatal mulai dari masalah ringan hingga serius yang perlu Anda waspadai.

1. Reaksi alergi

Alergi merupakan salah satu kondisi kesehatan yang menyebabkan lidah gatal, terutama reaksialergi makanan. Beberapa jenis makanan yang umum menyebabkan alergi adalah kacang dan biji-bijian (almond, hazelnut, kedelai, atau gandum), makanan laut (kerang, ikan, udang, dan kepiting), serta susu dan telur.

Selain itu, American College of Allergy, Asthma & Immunology juga menunjukkan bahwa protein yang ditemukan pada beberapa buah dan sayuran memiliki efek pemicu alergi yang hampir sama dengan protein dalam golongan makanan di atas. Jenis alergi buah ini umumnya disebut sebagai sindrom alergi oral atau pollen-food allergy syndrome.

Beberapa buah dan sayuran yang mengandung protein tersebut sehingga dapat menyebabkan lidah gatal, di antaranya:

  • Protein Birch pollen, terdapat dalam apel, ceri, kiwi, persik, pir, dan buah plum.
  • Protein serbuk sari rumput, terdapat dalam melon, jeruk, persik, dan tomat
  • Protein serbuk sari ragweed, terdapat dalam pisang, mentimun, melon, biji bunga matahari, dan zukini.

Cara mengatasi lidah gatal akibat reaksi alergi yang berasal dari makanan ini tentu adalah dengan menghindarinya. Namun apabila Anda tidak sengaja mengonsumsi sehingga menimbulkan sensasi gatal di mulut, bintik merah, dan bengkak sebaiknya segera mengonsumsi obat alergi makanan tanpa resep atau antihistamin.

2. Komplikasi diabetes

Sistem kekebalan tubuh yang melemah disertai dengan kondisi diabetes yang Anda miliki dapat meningkatkan risiko Anda terkena infeksi jamur pada mulut (oral thrush) dan sejumlah infeksi lainnya. Infeksi inilah yang dapat menyebabkan lidah terasa gatal, kebas, atau bahkan berbulu.

Pasalnya, tingginya gula dalam darah pada penderita diabetes yang tidak ditangani dan dikendalikan dengan baik, juga dapat membuat air liur mengandung jumlah gula yang tinggi. Kondisi ini akan menjadi makanan dan sumber energi yang berlimpah untuk jamur dan bakteri. Akibatnya, bakteri dan jamur semakin berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

Namun demikian, komplikasi diabetes yang satu ini tergolong ringan dan dapat dicegah dengan mudah. Anda hanya perlu rutin menjaga kebersihan mulut dan gigi dan selalu menjaga kadar gula tetap dalam kisaran yang normal sesuai anjuran dokter.

3. Kekurangan gula darah dan kalsium

Alasan kenapa lidah gatal juga bisa menjadi pertanda kalau tubuh Anda sedang membutuhkan senyawa tertentu, misalnya tubuh sedang kekurangan gula darah (hipoglikemia) dan kekurangan kalsium (hipokalsemia) dalam darah. Walaupun jarang terjadi, namun kedua kondisi ini dapat menyebabkan lidah dan area mulut terasa gatal atau kesemutan.

Selain itu, gula darah rendah atau hipoglikemia dapat menunjukkan gejala lain, seperti:

  • Irama jantung tidak teratur/jantung berdebar-debar
  • Kelesuan
  • Mengantuk
  • Merasa lapar
  • Kulit pucat
  • Kliyengan
  • Badan gemetar
  • Sulit berkonsentrasi

Sementara kalsium darah rendah atau hipokalsemia juga dapat mengakibatkan gejala:

  • Kram otot pada punggung dan kaki
  • Kejang otot
  • Kesemutan
  • Detak jantung tak normal
  • Kesulitan bernapas

Mengonsumsi makanan tertentu bisa meredakan gejala tersebut, misalnya konsumsi teh manis hangat, permen, atau jus buah mengandung gula untuk menaikkan kadar gula darah. Lalu konsumsi suplemen kalsium juga bisa untuk menaikkan kadar kalsium dalam darah.

TAGS:
kesehatanlidah terasa gatal

RELATED STORIES

Loading interface...