Berberapa Obat Diare yang Aman untuk Bayi
ilustrasi
Kesehatan

Berberapa Obat Diare yang Aman untuk Bayi

Senin, 6 Apr 2020 | 12:57 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Diare pada bayi dapat diakibatkan oleh banyak hal, seperti perubahan pola makan dari cair ke padat, penyakit infeksi, atau kondisi medis tertentu. Lantas jika bayi di rumah sedang diare, apa obat mencret yang aman untuknya? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Adakah obat diare (mencret) yang aman untuk bayi?

Diare pada bayi biasanya tidak berlangsung lama karena seringnya penyakit ini dapat mereda dengan sendirinya. Namun jika setelah berhari-hari fesesnya masih terus encer, anak bayi sangat rentan mengalami dehidrasi. Belum lagi jika si kecil juga rewel karena muntah-muntah.

Dehidrasi pada bayi dan anak kecil dapat berakibat fatal jika terus dibiarkan. Namun apabila dehidrasinya disebabkan oleh diare, bolehkah orangtua memberikan obat mencret untuk bayi?

JANGAN PERNAH sembarangan memberikan obat antidiare pada bayi, kecuali jika sudah direkomendasikan atau diresepkan oleh dokter spesialis anak.

Beberapa produk untuk meredakan diare seperti Pepto-Bismol dan Kaopectate mengandung bismut, magnesium, atau aluminium, yang dapat berbahaya bagi bayi dan balita karena dapat cepat menumpuk sebagai racun dalam tubuh anak kecil.

Melansir Healthline, obat Imodium (loperamide) boleh digunakan pada kasus tertentu untuk anak kecil TAPI tidak untuk yang berusia lebih muda dari 2 tahun. Artinya, obat ini tetap tidak boleh sembarangan diberikan untuk bayi.

Sementara itu, mencret yang tidak kunjung sembuh kemungkinan besar disebabkan oleh infeksi pada pencernaan bayi. Khusus untuk kasus seperti ini, dokter akan mempertimbangkan pemberian jenis dan dosis antibiotik untuk anak yang diare.

Bila diare pada bayi disebabkan oleh masalah kesehatan lain, seperti alergi makanan atau penyakit Celiac dan crohn, dokter akan meresepkan obat yang spesifik untuk mengatasi kondisi pemicunya.

TAGS:
kesehatandiarebayi

RELATED STORIES

Loading interface...