Berikut Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Menyusui
ilustrasi
Kesehatan

Berikut Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Menyusui

Jumat, 12 Jun 2020 | 07:26 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Anemia rentan terjadi pada ibu yang sedang hamil. Tubuh ibu akan membutuhkan lebih banyak darah untuk mendukung perkembangan janin sehingga ibu perlu asupan nutrisi lebih banyak, termasuk zat besi. Jika nutrisi yang dibutuhkan tidak terpenuhi, anemia kemungkinan besar bisa terjadi. Tak hanya ketika masa kehamilan saja, anemia juga dapat terjadi pada saat ibu sudah melahirkan atau ketika masa-masa menyusui. Lalu bagaimana cara mencegah dan mengatasi anemia saat menyusui?

Apakah ibu dapat menyusui meski mengalami anemia?

Sebagian besar anemia terjadi sejak ibu masih mengandung sang buah hati, tetapi keadaan tersebut dapat berlanjut hingga saat menyusui atau setelah melahirkan. Jangan khawatir, ibu tetap diperbolehkan memberikan ASI karena menyusui merupakan proses yang sangat vital untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Untuk mengatasi anemia saat menyusui, ibu perlu berkonsultasi pada dokter dan apakah perlu mengonsumsi suplemen zat besi. Suplemen penambah zat besi aman digunakan meskipun sedang menyusui. Rekomendasi asupan zat besi pada Ibu menyusui perlu tambahan sebanyak 9 miligram selain anjuran untuk wanita seusianya (26 mg) setiap harinya.

Selain karena kekurangan zat besi, ibu menyusui dapat menderita anemia karena kehilangan banyak darah saat proses persalinan. Oleh karena itu, kadar hemoglobin darah mungkin akan diperiksa. Pemeriksaan ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa parah anemia yang ibu derita dan apakah membutuhkan suplemen zat besi atau tidak untuk mengatasi anemia saat menyusui.

TAGS:
kesehatananemiaibu menyusui

RELATED STORIES

Loading interface...