Berikut Ini Cara Mencegah Timbulnya Kanker Payudara
ilustrasi
Kesehatan

Berikut Ini Cara Mencegah Timbulnya Kanker Payudara

Kamis, 22 Agt 2019 | 07:30 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Kementerian Kesehatan menyebut kanker payudara sebagai jenis kanker yang kasusnya terbanyak di Indonesia. Angka kematian pada wanita yang diakibatkan kanker payudara juga tinggi, dengan rata-rata 17 kematian per 100.000 penduduk. Itu kenapa pemerintah sangat menekankan upaya deteksi dini untuk mencegah semakin maraknya kasus kanker payudara di Indonesia. Yuk cari tahu cara mencegah kanker payudara!

Cara mencegah kanker payudara

Mencegah kanker payudara tidak bisa instan hanya dengan satu cara saja. Ada berbagai upaya yang perlu Anda jalani agar terhindar dari penyakit mematikan satu ini, yaitu:

1. Banyak makan sayur, buah, dan biji-bijian

image0

Pola makan yang sehat adalah salah satu kunci penting untuk mencegah kanker payudara. Banyak pakar kesehatan yakin ada beberapa makanan tertentu yang bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Untuk mengurangi atau menangkal risikonya, perbanyaklah makan sayur dan buah-buahan segar serta biji-bijian. Jenis makanan sehat ini mengandung zat gizi yang baik untuk tubuh. Buah dan sayuran, misalnya, kaya akan antioksidan yang bantu melawan radikal bebas penyebab kanker payudara. Lantas, apa yang terbaik?

Stroberi salah satunya. Buah beri seperti stroberi mengandung tinggi polifenol yang bersifat antikanker. Selain itu, stroberi juga kaya akan antioksidan seperti vitamin C.

Selain beri, polifenol dalam plum dan persik juga terbukti mampu mencegah sel kanker payudara terbentuk dan berkembang biak. Temuan ini dilaporkan dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Tambahkanlah makan sayuran hijau berdaun gelap dan sayuran dari keluarga cruciferous (brokoli, kubis, lobak, kembang kol, selada air, dan taoge). Sayuran cruciferous kaya akan vitamin antioksidan seperti C,E, dan K, serta serat. Selain itu, sayuran ini juga mengandung glukosinolat yang bekerja melawan pertumbuhan sel kanker.

TAGS:
kankerpayudara

RELATED STORIES

Loading interface...