Berikut Ini Pola Makan Sehat dan Pantangannya Bagi Penderita TBC
ilustrasi
Kesehatan

Berikut Ini Pola Makan Sehat dan Pantangannya Bagi Penderita TBC

Minggu, 5 Apr 2020 | 17:55 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Penyakit tuberkulosis (TBC) dan gizi buruk sangat berkaitan. Gizi buruk mendorong bertahannya TBC, sementara penyakit ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami gizi buruk. Penting bagi penderita TBC memerhatikan nutrisi yang masuk ke tubuhnya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Lantas, bagaimana pola makan untuk penderita TBC? Apa saja pantangan makanan atau minuman penderita TBC?

Pola makan sehat untuk penderita TBC

Penderita TBC rentan mengalami penurunan nafsu makan, malabsorbsi nutrisi, malabsorbsi mikronutrien, dan perubahan metabolisme. Bahkan, pengobatan yang dilakukan pada penderita ini pun memiliki efek samping terhadap pencernaannya, seperti mual, muntah, dan kram di bagian perut. 

Namun, penderita TBC perlu memenuhi kebutuhan nutrisinya agar tubuh tetap sehat dan kuat melawan bakteri penyebab TBC. Karena itu, penting bagi penderita TBC untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bervariasi, serta menjauhi kebiasaan yang tidak sehat. 

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, penderita TBC perlu makan tiga kali sehari serta memakan kudapan tiga kali sehari pula. Selayaknya orang sehat, penderita TBC pun perlu mengonsumsi makanan yang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, serta vitamin dan mineral. 

Adapun sumber karbohidrat yang dianjurkan, yaitu makanan dari biji-bijian utuh (whole grain), seperti sereal, roti, atau pasta dari gandum. Sementara lemak yang baik dapat diperoleh dari minyak nabati atau minyak zaitun. Lemak dan karbohidrat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan energi. 

Untuk memenuhi kebutuhan protein, maka dibutuhkan konsumsi  seperti ikan, unggas, kacang-kacangan, dan tahu. Susu dan produk turunannya pun baik bagi penderita TBC.  

Selain itu, diperlukan juga vitamin dan mineral bagi penderita TBC. Sayur-sayuran, terutama sayuran hijau, dan buah-buahan merupakan makanan yang mengandung vitamin dan mineral. 

TAGS:
penderita TBCmakananpantangan

RELATED STORIES

Loading interface...