Berkeringat Saat Demam Apakah Artinya Akan Sembuh?

Rusmanto
Rusmanto

Berkeringat Saat Demam Apakah Artinya Akan Sembuh? ilustrasi
Winnetnews.com -  Saat sedang demam, khususnya yang disertai flu, keluarnya keringat dari dalam tubuh sering kali digunakan sebagai penanda bahwa panas sudah menurun. Akhirnya, hal ini menjadi patokan, jika berkeringat saat demam, kondisi tubuh sudah membaik dan sembuh. Namun, benarkah berkeringat saat demam itu pertanda baik?

Berkeringat saat demam, baik atau buruk?

Pada dasarnya, berkeringat adalah salah satu cara tubuh untuk menurunkan suhunya secara alami. Jika Anda berkeringat saat demam, artinya memang saat itu tubuh Anda sedang berusaha untuk mengembalikan suhu normal, supaya fungsi organ tetap baik.

Pasalnya, jika suhu tubuh terlalu berlebihan, Anda berisiko mengalami kondisi yang disebut dengan heat stroke atau sengatan panas. Umumnya masalah ini terjadi bila suhu tubuh mencapai 40 derajat celcius atau lebih.

Nah, ketika tubuh mulai berkeringat, nyatanya hal tersebut adalah respon untuk menurunkan suhu tubuh yang sudah cukup tinggi. Dengan begitu, demam akan turun perlahan.

Namun, bila Anda demam akibat infeksi virus atau bakteri, berkeringat bukanlah tanda bahwa infeksi tersebut telah sembuh. Keringat yang keluar dari dalam tubuh tidak akan membuat virus dan bakteri hilang dari dalam tubuh, Anda tetap butuh penanganan medis untuk itu.

Hal ini telah dibuktikan dalam jurnal yang dimuat dalam Cochrane Database of Systematic Reviews. Jurnal tersebut menyebutkan bahwa keringat yang keluar saat Anda sedang sakit tidak ada kaitannya dengan proses pengobatan demam akibat flu.