Biji Selasih Ternyata Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan

Rusmanto
Rusmanto

Biji Selasih Ternyata Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan ilustrasi
Winnetnews.com -  Biji selasih adalah salah satu biji tanaman yang cukup populer di Indonesia karena sering digunakan sebagai pemanis pada minuman maupun untuk camilan. Memiliki nama ilmiah Ocimum basilicum, ternyata biji tanaman ini memiliki senyawa dan bahan aktif kuat yang bisa memengaruhi kesehatan. Simak penjelasan manfaat biji selasih selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Biji Selasih

Sebelum menjelaskan mengenai biji selasih dan manfaatnya, perlu Anda ketahui bahwa di dalam biji selasih terdapat serat zat besi, protein, phytochemical, senyawa polifenolik, orientin, vicentin, dan antioksidan kuat lainnya.

Manfaat kesehatan yang paling menonjol dari biji selasih adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, membantu upaya penurunan berat badan, meningkatkan penampilan kulit, memperkuat rambut, mengatur gula darah, mendinginkan tubuh, mengurangi stres, membangun tulang yang kuat, menurunkan darah tekanan, meningkatkan penglihatan, mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, dan mencegah infeksi tertentu.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat biji selasih, di antaranya:

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Dengan hanya mengonsumsi sebanyak 1 sendok makan biji selasih kering, Anda sudah mendapatkan cukup banyak suplai mineral yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Mineral yang disuplai ke tubuh terdiri dari zat besi, kalsium, dan magnesium. Tiga nutrisi ini dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Manfaat biji selasih didapatkan dari zat besi karena bermanfaat untuk sel darah merah untuk mengedarkan oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh. Selanjutnya, kalsium dan magnesium baik untuk kesehatan tulang dan gigi khususnya mereka yang sudah berusia lanjut.