Bikin Ilmuwan Bingung, Pelajar Ini Bisa Atur Ukuran Pupil Mata Sesuka Hati

Nurul Faradila

Dipublikasikan sebulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Bikin Ilmuwan Bingung, Pelajar Ini Bisa Atur Ukuran Pupil Mata Sesuka Hati
Foto: Pexels/Mustafa Ezz

Winnetnews.com -  Ilmuwan dibuat bingung oleh seorang pria yang bisa mengubah ukuran pupil matanya atas kehendaknya sendiri.

Seorang pelajar asal Jerman secara sukarela dapat mengontrol otot-otot kecil yang menyesuaikan ukuran pupil, yang dianggap mustahil. Melansir Oddity Central, pelajar berinisial DW ini, menyadari kalau dia memiliki kemampuan untuk mengontrol ukuran pupil matanya saat berusia 16 tahun.

Ia baru menyadari kemampuannya tersebut, ketika salah satu temannya memberitahu “kekuatan super” yang dia miliki tersebut.

“Saya menunjukkan kepada seorang teman bahwa saya bisa ‘memberi getaran’ dengan bola mata saya, dan dia memperhatikan bahwa pupil saya menjadi kecil,” kata D.W kepada Christoph Strauch, penulis senior laporan kasus baru dan asisten profesor di departemen psikologi eksperimental di Universitas Utercht di Belanda.

“Mengencangkan pupil terasa seperti mencengkram, menegangkan sesuatu: membuatnya lebih besar terasa seperti merilekskan mata,” sambungnya.

Para peneliti di Universitas Ulm yang menguji kemampuan D.W melihat apakah ia menggunakan teknik tertentu, seperti memikirkan cahaya gelap atau terang yang ekstrem atau tidak. Hasilnya mencengangkan, karena dia tidak melakukan teknik apapun.

Selama pengujian, peneliti tidak menemukan indikasi bahwa D.W sedang menyesuaikan ukuran pupilnya secara tidak langsung. Dia mampu melebarkan pupilnya hingga diameter 2,4 milimeter dan menyipitkannya hingga 0,88 mm.

Ia juga bisa menyempitkan pupil matanya di luar tingkat maksimum orang normal ketika fokus pada objek yang dekat. Ini memungkinkannya melihat objek dengan sangat jelas.

Para ilmuwan mencatat bahwa D.W dapat mengontrol ukuran pupilnya ketika sedang santai dan mengobrol, menambahkan kalau pencitraan resonansi magnetic fungsional (fMRI) menunjukkan peningkatan aktivasi bagian-bagian tertentu dari otak yang terlibat dalam kemauan, yang menunjukkan gerakan otot sukarela.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...