Bila Jadi Pandemi, Seberapa Cepat Hepatitis Misterius Ini Akan Menyebar?

Rusmanto

Dipublikasikan 6 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Bila Jadi Pandemi, Seberapa Cepat Hepatitis Misterius Ini Akan Menyebar?
ilustrasi
Winnetnews.com -  Kasus hepatitis akut misterius terus bertambah di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Hal ini membuat masyarakat khawatir jika penyakit yang belum diketahui penyebabnya ini akan menjadi pandemi selanjutnya.

Namun, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, menilai perkembangan hepatitis misterius ini cenderung lambat dibandingkan COVID-19.

"Bahkan, di Indonesia ada tiga kasus hepatitis akut yang dikirim ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), berkembang jadi belasan. Dan yang terbaru kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bahwa kini ada 15 kasus," kata Prof Ari dalam keterangan yang disiarkan kanal Youtube CME FKUI, Kamis (12/5/2022).

"Tetapi, kalau saya lihat perkembangan kasusnya di dunia 'lambat'," imbuhnya.

Menurut Prof Ari, laju kasus hepatitis misterius ini berbeda dengan COVID-19 yang perkembangan kasusnya banyak dan penularannya yang luar biasa. Prof Ari menjelaskan virus ini mudah menyebar saat terjadi penularan COVID-19 dan ada transmisi lokal, sehingga membuat orang yang dekat dengan pasien akan tertular.

Hal inilah yang membuat perkembangan kasus COVID-19 menjadi lebih meluas dan luar biasa. Ini berbeda dengan hepatitis misterius yang dinilai Prof Ari lebih lambat.

Meski begitu, Prof Ari menyarankan agar masyarakat tetap waspada terhadap penyakit ini. Sebab, potensi penyebaran hepatitis misterius ini belum diketahui pasti.

"Kita tidak perlu khawatir terhadap hepatitis akut ini. Tetapi, tetap perlu waspada karena kita belum tahu potensi penyebarannya," jelasnya.

Bahaya Jika Terinfeksi

Dalam penjelasannya, potensi penularan hepatitis akut misterius ini bisa menyebabkan dampak yang luar biasa. Terlebih, perjalanan klinis pasien hepatitis akut cukup berat.

Jika tidak ditangani langsung, lanjut Prof Ari, kondisi pasien bisa fatal bahkan meninggal dunia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Waswas Jadi Pandemi Selanjutnya, Seberapa Cepat Hepatitis Misterius Menyebar?"


 

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...