Bisa Menyebabkan Kematian, Ini 5 Tips Menghindari Bulimia!

Oky
Oky

Bisa Menyebabkan Kematian, Ini 5 Tips Menghindari Bulimia!

Winnetnews.com - Siapa sih yang nggak pengen dibilang cantik? Pandangan cantik di mata publik adalah perempuan bertubuh langsing, tinggi, dan berkulit putih. Tidak sedikit wanita yang rela melakukan cara apapun untuk mendapat gelar ‘cantik’ tersebut, bahkan sampai menggunakan metode diet ekstrem seperti bulimia. Pernah nggak sih terlintas di pikiran seperti nyesal gitu karena sudah makan banyak, jadinya pengen keluarin aja lagi semua makanannya? Berdasarkan survey, ternyata 46% wanita Indonesia pernah berpikir untuk melakukan hal tersebut. Nah, ini nih yang dapat memicu bulimia.

Apa sih bulimia itu? Bulimia adalah sebuah gangguan makan (eating disorder), dimana penderitanya biasanya makan dengan porsi yang banyak, kemudian mengeluarkannya kembali dengan cara memuntahkannya. Hal ini dilakukan agar makanan tidak sempat dicerna tubuh dan merupakan bentuk penyiksaan diri untuk mengurangi rasa bersalah karena telah memasukan kalori ke tubuh. Memang sih sangat cepat untuk menurunkan berat badan, tapi efek sampingnya sangat berbahaya, lho!

Sebenarnya efek samping dari bulimia sangatlah beragam, yang paling sering diserang adalah kesehatan fisik seperti dehidrasi, kerusakan gigi, dan dapat merusak organ dalam tubuh seperti jantung dan organ pencernaan akibat terlalu sering memaksa untuk memuntahkan makanan secara disengaja. Menstruarsi yang tidak teratur pun menjadi salah satu dampak negatif bulimia, bahkan dapat mengakibatkan kesulitan hamil. Bulimia juga dapat menyebabkan infeksi kantung kemih dan sampai dapat mengancam nyawa.

Selain kesehatan fisik, bulimia juga menyerang kesehatan mental seperti depresi. Hal ini disebabkan oleh obsesi memiliki bentuk tubuh yang sempurna dengan membatasi asupan makanan, namun berakhir dengan merusak kesehatan tubuh mereka sendiri. Biasanya ini dialami oleh kalangan yang memilki kepercayaan diri yang rendah.

Kini istilah bulimia sudah lebih dikenal oleh masyarakat, lantaran karena beberapa selebriti dan artis pernah mengalaminya, mulai dari Lady Diana, penyanyi eksentrik Lady Gaga, hingga beauty vlogger hits Indonesia Cindercella. Namun tidak hanya dialami oleh artis atau selebriti, bulimia juga kerap dialami oleh orang awam. Salah satu contohnya adalah seorang gadis asal Bali yang mengalami bulimia pada tahun 2011 silam. Rasa tidak percaya diri karena di-bully oleh teman-temannya membuat seorang gadis yang menolak untuk disebut namanya itu tergoda untuk melakukan bulimia.

Saat ditanya mengenai pengalaman bulimianya, gadis berinisial RN ini menuturkan bahwa rasanya sangat memuaskan karena meskipun makan dengan porsi besar, apalagi dengan kalori yang tinggi hampir setiap harinya, tapi berat badannya tetap stabil. “Aku ingat banget dulu setiap pagi pasti nimbang berat badan, awalnya turun hampir 8 kilo-an karena aku olahraga ketat juga, terus pas udah nggak olahraga lama-lama jadi stabil, palingan cuma berkurang dikit-dikit aja kayak 0,3 kg gitu deh tiap harinya.”, ujarnya.

“Dua tahunan aku bulimia, sampai badanku lemas banget setiap hari, berat badanku sudah turun 15 kg. Teman-temanku bilang aku sering terlihat pucat, aku juga pernah pingsan beberapa kali. Akhirnya aku takut dan sadar kalau ini sudah nggak benar, akhirnya aku beraniin diri buat cerita ke mama. Hari itu juga, aku dibawa ke dokter, aku kaget dan takut banget sih pas dokter bilang kalau bulimia bisa menyebabkan kematian, jadi mulai hari itu aku stop muntahin. Yah, bisa dibilang bulimia adalah penyesalan terbesarku”, ungkapnya sekaligus menutup wawancara.

Tidak disangka-sangka kan bahaya dari bulimia semengerikan itu? Jangan coba-coba ya, ingat penyesalan selalu datang terakhir. Bagaimana pun mencegah lebih baik daripada mengobati. Yuk, simak cara-cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari bulimia!

  • Tingkatkan Kepercayaan Diri

image0

Sebagian besar penyebab bulimia adalah rendahnya rasa percaya diri karena memiliki bentuk tubuh yang kurang ideal. Memang dapat menarik cemoohan dari orang-orang sekitar, namun tanamkan di pikiran kita bahwa cantik itu tidak melulu soal tubuh langsing dan penampilan. Memiliki sikap dan pikiran yang positif juga termasuk cantik kok! You are beautiful in your own way!

  • Mengontrol Nafsu Makan

image1

Tingginya nafsu makan seringkali memicu terjadinya bulimia, maka dari itu kita harus bisa mengontrolnya dan memotivasi diri sendiri untuk membuat perubahan, misalnya dengan cara mencari kesibukan agar tidak terlalu sering memikirkan makanan dan mengontrol diri untuk tidak melihat foto atau video tentang makanan yang dapat membangkitkan nafsu makan. Mengonsumsi makanan dengan porsi yang pas setiap harinya juga dapat membantu mengurangi nafsu makan, lho! Kalau ada niat, nothing is impossible!

  • Memegang Teguh Pernyataan “Kesehatan adalah Prioritas”

image2

Mengingat banyaknya wanita yang rela mengorbankan kesehatannya demi mandapatkan penampilan yang diinginkan, membuat angka kasus bulimia semakin meningkat. Ingatlah, kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk dijaga. Bayangkan saja, percuma memiliki tubuh yang langsing tapi hanya bisa terbaring tidak berdaya di rumah sakit dan tidak dapat menikmati hidup. Remember, health matters more. Ayo, tanamkan kalimat ini di pikiran kita sebagai self-reminder.

  • Diet Sehat

image3

Bulimia adalah pola diet ekstrem yang sangat tidak sehat, namun tenang saja, ada cara alternatif untuk menurunkan berat badan dengan aman, yaitu diet sehat. Untungnya kini sudah banyak tips-tips diet sehat yang beredar di social media. Memang sih hasilnya tidak instan, tapi dengan melakukan diet sehat, kita bisa mendapatkan tubuh ideal yang diinginkan serta kesehatan yang prima sekaligus. Mulailah dengan merencanakan (planning) makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya dengan takaran kalori yang pas. Jangan lupa imbangi dengan olahraga secukupnya ya!

  • Pelajari Efek Samping Bulimia

image4

Biasakan memperkirakan resikonya sebelum melakukan sesuatu. Sama hal-nya dengan bulimia, sebelum mencoba melakukan bulimia, pelajari dulu efek samping yang dapat ditimbulkan. Setelah mengetahui bahaya fatal dari bulimia, dijamin deh bisa mengurungkan niat kita, apalagi kalau sudah mengetahui bahwa bulimia dapat menyebabkan kematian. Berbahaya banget kan?

 

Ditulis oleh : Chelsy