BMKG Minta Warga Jakarta Waspada Banjir 3 Hari ke Depan

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 13 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

BMKG Minta Warga Jakarta Waspada Banjir 3 Hari ke Depan
Banjir di Jakarta (Foto: ANTARA)

Winnetnews.com -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat di 4 provinsi, yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur waspada banjir. Imbauan ini menyusuk oenetapan status siaga banjir di DKI Jakarta hingga Jawa Barat siaga banjir yang berlaku pada 3-15 September 202.

"Berdasarkan Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak (IBF-Impact Based Forecast) BMKG, potensi dampak bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, dan atau tanah longsor dari cuaca ekstrem hingga 3 (tiga) hari ke depan, yakni tanggal 15 September 2021, untuk level siaga," kata Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, dalam keterangannya, Selasa (14/9).

Guswanto menjelaskan cuaca ekstrem itu disebabkan karena beberapa fenomena dinamika atmosfer yang melewati Indonesia hingga seminggu ke depan.

"MJO, gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin adalah fenomena dinamika atmosfer yang mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang luas di sekitar wilayah aktif yang dilewatinya," ucapnya.

Guswanto menambahkan pertemuan kecepatan angin juga semakin menambah potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia. Selain itu, suhu permukaan laut yang masih hangat hingga tinginya kelembapan udara juga mendukung cuaca ekstrem terjadi di Indonesia.

"Suhu muka laut dan anomali suhu muka laut juga terpantau masih hangat di sebagian besar perairan di Indonesia, yang mendukung peningkatan suplai uap air sebagai sumber pembentukan awan-awan hujan. Kondisi tersebut juga didukung oleh masih tingginya kelembaban udara di sebagian besar wilayah di Indonesia hingga seminggu ke depan," tuturnya.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...