Bolehkah Donor Darah Saat COVID-19 Merebak?
ilustrasi
Lifestyle

Bolehkah Donor Darah Saat COVID-19 Merebak?

Rabu, 1 Apr 2020 | 05:57 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Setiap harinya, ratusan atau bahkan ribuan orang memerlukan transfusi darah. Stok darah yang tersedia di rumah sakit umumnya didapatkan melalui kegiatan donor darah. Pertanyaannya, bagaimana kelangsungan kegiatan ini di tengah pandemi Corona COVID-19? Apakah donor darah saat COVID-19 tetap dapat dilakukan? Simak informasinya berikut ini!

Apa Itu Donor Darah?

Donor darah adalah kegiatan di mana seseorang memberikan atau mentransfusikan darahnya secara sukarela kepada orang lain yang membutuhkan. Darah yang sudah didonorkan nantinya diberikan kepada penerima donor yang memiliki golongan darah yang sama dengan si pendonor. Atau, pendonor bergolongan darah O bisa mendonorkan darahnya ke seluruh golongan darah.

Saat ini, kegiatan donor darah giat dilaksanakan oleh berbagai elemen masyarakat, tentunya dengan berpedoman pada regulasi yang telah ditetapkan pemerintah melalui Palang Merah Indonesia (PMI). PMI sendiri merupakan perhimpunan nasional yang oleh pemerintah RI (berdasarkan Keppres No. 246 tahun 1963) diberi mandat sebagai organisasi yang bertugas menjalankan fungsi kepalangmerahan.

Donor Darah saat COVID-19, Amankah?

Dilansir dari tirto.id, wilayah-wilayah seperti Bandung, Tangerang, hingga Surabaya dilaporkan mengalami kekurangan stok darah. Padahal—masih dikutip dari sumber yang sama—kebutuhan rumah sakit akan darah tetap banyak setiap harinya.

Tak bisa dipungkiri, di tengah situasi global yang sedang tak menentu akibat wabah COVID-19 ini, hampir semua aspek kehidupan mengalami gangguan, tak terkecuali aspek kesehatan yang salah satunya menyangkut ketersediaan stok darah.

Adanya kebijakan seperti pembatasan jarak (physical distancing) yang ditetapkan membuat banyak orang tidak bisa melakukan berbagai aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari, termasuk aktivitas mendonorkan darahnya pada orang lain. Terlepas dari hal tersebut, apakah donor darah saat COVID-19 sebenarnya aman?

Menurut United States Food and Drugs Administration (USFDA), donor darah saat pandemi Corona dapat dilakukan. Hal ini didasari fakta bahwa virus SARS-CoV-2 yang menjadi penyebab COVID-19 tidak dapat ditularkan melalui transfusi darah.

TAGS:
donor darahcoronavirusviruscoronakesehatan

RELATED STORIES

Loading interface...