Bukan Cuma Indonesia, Beberapa Negara ini Juga Dinilai ‘Kebal Corona’
Ilustrasi: Business Insider
Internasional

Bukan Cuma Indonesia, Beberapa Negara ini Juga Dinilai ‘Kebal Corona’

Senin, 24 Feb 2020 | 10:35 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Kasus virus corona memang terus meningkat setiap harinya. Sampai hari Senin (24/02) korban corona bahkan sudah mencapai 79.930 jiwa dengan 2.469 diantaranya meninggal dunia. Data ini dihimpun dari John Hopkins University.

Selain itu, John Hopkins juga menyebut jika kasus di luar Cina justru bertambah. Contoh kasusnya adalah di Korea Selatan, Italia, dan wilayah Timur Tengah.

Dilansir dari Kompas yang melansir Reuters, kasus di Korea Selatan bahkan sudah mencapai 600 kasus infeksi dengan 6 angka kematian. Sementara di luar Asia, kasus melinjak hingga 132 kasus pada akhir pekan.

Di wilayah Timur Tengah juga tak terkecuali. Kementerian Kesehatan Iran telah mengonfirmasi 43 kasus virus, temasuk 8 kematian. Atas kasus ini, Truki dan Afghanistan pun akan menutup perbatasannya dengan Iran.

Sejauh ini, Indonesia masih belum melaporkan adanya kasus corona. Kedanti empat WNI sudah dinyatakan positif Covid-19, namun di dalam Indonesia sendiri, virus ini masih belum menjangkit satu orang pun.

Melansir Science, seorang epidemiologis dari University of Southampton, Shengjie Lai, memperkirakan setidaknya Indonesia sudah mengimpor 29 kasus. Bahkan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Kamboja, dan Australia juga melaporkan kasus yang lebih rendah dari yang sudah diprediksikan.

Pakar kesehatan Indonesia, Gusti Ngurah Mahardika yang juga merupakan Kepala Laboratorium Biomedis Hewan dan Biologi Molekuler Universitas Udayana mengatakan sudah ada kemungkinan virus masuk ke Indonesia, namun tak terdeteksi atau tak dilaporkan.

Namun hal ini kemudian dibantah oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Dia mengatakan jika Indonesia sudah dilengkapi dengan kit deteksi dan tersertifikasi plus. Ia juga mengatakan bahwa pemerintah tidak sedang menutupi sesuatu.

Perihal pasien zero, sebenarnya bukan hanya Indonesia saja yang belum terinfeksi. Beberapa negara di Benua Afrika juga belum terinfeksi, meski Mesir sejauh ini melaporkan ada dua kasus di negaranya.

Melansir CNBC Indonesia, Mesir, Aljazair, dan Afrika Selatan, merupakan negara-negara di Benua Afrika yang rentan terkena corona mengingat banyaknya orang China yang bekerja di negara tersebut. Namun peneliti mengatakan ketiga negara ini memiliki pemodelan sistematis yang bisa mendeteksi pasien terdampak corona dengan cepat.

Negara-negara Afrika yang justru mengkhawatirkan adalah Nigeria, Ethiopia, Sudan, Angola, Tanzania, Ghana, dan Kenya. Peneliti Vittorio Colizza dari Louis Institute of Epidemiology and Public Health mejelaskan jika beberapa negara tersebut belum memiliki sistem kesehatan yang memadai untuk mendeteksi virus corona. Selain itu, adanya faktor ekonomi dan stabilitas politik juga membuat negara-negara tersebut sulit mengetahui wabah corona.

TAGS:
virus coronacorona viruswabah virus coronaVirus WuhanChinaIndonesiaCovid19benua Afrika

RELATED STORIES

Loading interface...