Cara Alami untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Rusmanto
Rusmanto

Cara Alami untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi ilustrasi

Winnetnews.com - Jika Anda mengalami sakit kepala parah, kelelahan, detak jantung tak teratur, dan nyeri dada, Anda bisa jadi menderita hipertensi alias tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat terjadi karena stres, kurang tidur, obesitas, atau penyakit lain.

Berikut ini, ada beberapa teknik sederhana yang dapat membantu Anda mengendurkan pembuluh darah dan otot untuk membantu menjaga tekanan darah terkendali. Seperti dilansir dari Bright Side, ini dia.

  1. Merendam kaki dalam air panas

    Merendam kaki dalam air yang benar-benar panas tapi masih dapat ditoleransi dapat membantu Anda menjaga kepala dan leher tetap dingin, serta mencegah darah terlalu banyak mengalir ke otak. Cukup ambil ember atau baskom dan isi dengan air panas.

    Kemudian duduklah di kursi dan letakkan kaki Anda ke dalam air selama 10-15 menit. Darah dari kepala akan bergerak ke arah kaki, lalu tekanan darah perlahan akan kembali normal.
     
  2. Rileks di sikap savasana

    Salah satu satu pose dalam yoga ini dapat membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Berbaringlah telentang, tutup mata, dan coba relakskan setiap otot tubuh.
    Beristirahatlah dalam pose ini selama sekitar 10-15 menit dan Anda akan merasa jauh lebih baik nantinya.
     
  3. Minum segelas air

    Dalam beberapa kasus, tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh dehidrasi. Ketika Anda mengalami dehidrasi, volume darah dalam tubuh akan menurun.
    Untuk menghindari ini, setiap kali Anda mulai merasakan gejala hipertensi, cobalah minum 1-2 gelas air. Ini akan membantu Anda mengembalikan volume darah yang cukup dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah.
     
  4. Mendengarkan musik klasik

    Ini dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah, terutama jika digabungkan latihan pernapasan dan meditasi. Ini terjadi karena jenis musik tersebut menghasilkan efek menenangkan pada tubuh Anda dan mengurangi hormon stres, kortisol.
     
  5. Berlatih bernapas di lubang hidung kiri

    Pernapasan perut bagian dalam lubang hidung sebelah kiri akan membantu mengontrol tingkat tekanan darah. Ini terjadi dengan cara merelaksasi pembuluh darah dan mengurangi hormon stres.

    Caranya, duduk di lantai atau kursi dalam posisi yang nyaman dengan punggung lurus. Letakkan tangan kiri di perut. Tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari kanan. Ambil napas dalam-dalam lewat lubang hidung kiri, tahan beberapa detik, lalu bernapas. Bernapas perlahan dan dalam hanya lewat lubang hidung kiri selama sekitar 3-5 menit.
     
  6. Pijat telinga dan leher Anda

    Ada 3 titik di kepala dan leher Anda yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam beberapa menit. Caranya:
    • Temukan titik pertama di belakang daun telinga lalu temukan titik kedua. Dengan jari-jari Anda, pijat leher dengan lembut dengan gerakan lembut ke atas dan ke bawah garis tersebut. Ulangi 10 kali di kedua sisi leher.
    • Titik ketiga terletak di wajah dengan ketinggian daun telinga sekitar setengah sentimeter dari telinga. Pijat kedua sisi dengan ujung jari selama sekitar satu menit dalam gerakan memutar berlawanan arah jarum jam.
    Memijat bagian-bagian tersebut akan meredakan ketegangan pada otot leher dan mengembalikan aliran darah ke otak.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di liputan6.com dengan judul "6 Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi dalam 10 Menit"