Cara Cegah Dehidrasi Saat Ibadah Haji
ilustrasi
Kesehatan

Cara Cegah Dehidrasi Saat Ibadah Haji

Kamis, 12 Mar 2020 | 13:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kebutuhan cairan tubuh harus tetap terpenuhi setiap harinya. Tuntutan tubuh ini tidak memandang kegiatan atau kesibukan yang sedang Anda lakukan, meski Anda sedang melaksanakan kegiatan berat seperti ibadah haji sekali pun. 

Wajar saja, karena ketika kekurangan cairan, fungsi tubuh akan mengalami gangguan dan tidak berjalan seperti sebagaimana mestinya. Untuk itu, penting untuk mencegah dehidrasi saat beribadah haji.

Mengapa jemaah haji rentan mengalami dehidrasi?

Cuaca merupakan faktor utama seseorang mengalami dehidrasi saat beribadah haji. Temperatur tinggi yang dapat menyentuh angka 40 derajat C mengakibatkan tubuh kehilangan cairan lebih banyak, terutama bagi orang yang tidak bisa dengan cepat menyesuaikan dengan iklim tempat baru atau jarang berolahraga.

Mencegah dehidrasi saat haji penting karena lebih dari 5 liter air dan 20 gram garam dalam tubuh hilang dalam satu hari. Meski sebagian besar kasus dehidrasi relatif ringan. 

Gejala yang mungkin akan timbul adalah seperti lesu, pusing, dan kram pada otot dan dapat segera dirawat dengan beristirahat, menurunkan suhu tubuh, dan mengembalikan kadar air dan garam dalam tubuh. Namun, apabila dibiarkan, hal tersebut dapat menyebabkan heat stroke.

TAGS:
kesehatandehidrasiibadah haji

RELATED STORIES

Loading interface...