Cara Hilangkan Gatal Saat Hamil, Catat ya Mom!
Kesehatan

Cara Hilangkan Gatal Saat Hamil, Catat ya Mom!

Selasa, 18 Jul 2017 | 15:35 | kontributor

winnetnews.com - Gatal-gatal pada saat hamil adalah hal yang normal biasanya muncul di trimester ketiga (7–9 bulan). Tingkat gatalnya berbeda-beda, ada yang ringan bahkan ada juga yang sampai menyebabkan ruang, bengkak, dan mengeluarkan bercak merah atau bintik-bintik yang berisi cairan seperti terkena gigitan serangga.

Rasa gatal biasanya muncul di sekitar perut kemudian menyebar ke paha, lengan, dan kaki. Penyebab gatal saat hamil bisa disebabkan karena terjadinya pemuaian kulit dan perubahan hormon gonadotropin dan estrogen. Perubahan hormon yang tidak seimbang menyebabkan kulit terasa kering dan gatal.

Cara menghilangkan gatal saat hamil

Menghilangkan rasa gatal umumnya dengan digaruk. Namun, sebaiknya hati-hati jika akan menggaruk, hindari menggaruk terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan membuat kondisi kulit menjadi lebih parah. Walaupun rasa gatal semakin menggila, sebaiknya kamu menahannya dan melakukan beberapa tips berikut yang bisa membantu mengurangi rasa gatal saat hamil.

  1. Hindari mandi air panas. Mandi air panas akan membuat kulit semakin kering. Saat kulit kering akan membuat kulit terasa semakin gatal.
  2. Gunakan sabun dengan PH rendah yang tidak menggunakan wangi-wangian, contohnya sabun bayi.
  3. Keringkan kulit sampai bersih sehabis mandi dengan cara menepuk-nepuk dengan menggunakan handuk yang lembut. Jangan digosok-gosok!
  4. Oleskan lotion atau minyak zaitun ke kulit tubuh yang gatal, untuk mengurangi luka bekas garukan.
  5. Gunakan pakaian yang longgar dan pilih bahan yang lebih mudah menyerap keringat. Hal ini untuk mengurangi gesekan kain dengan kulit yang bisa menyebabkan gatal dan iritasi.
  6. Jika udara terasa panas, kompreslah dengan es atau air dingin, hingga rasa gatalnya hilang.
  7. Jangan lupa untuk perbanyak konsumsi air putih

TAGS:
gatalkehamilanPerutleherpaha

RELATED STORIES

Loading interface...