Cara Memilih Vitamin yang Baik untuk Kesehatan Tubuh
ilustrasi
Kesehatan

Cara Memilih Vitamin yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 3 Sep 2020 | 13:21 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Multivitamin penting bagi tubuh, namun bagaimana cara memilih multivitamin yang baik? Ya, ternyata ada sejumlah hal yang harus Anda perhatikan saat hendak membeli suplemen kesehatan yang satu ini agar manfaatnya bisa benar-benar terasa. Berikut adalah informasinya!

Apa Itu Multivitamin?

Multivitamin adalah suplemen kesehatan yang di dalamnya terkandung kombinasi sejumlah jenis vitamin dan juga mineral. Ini tentu saja berbeda dengan suplemen vitamin yang memang khusus mengandung satu jenis vitamin atau mineral saja.

Atas dasar hal tersebut, bisa dikatakan suplemen multivitamin lebih menguntungkan ketimbang suplemen vitamin. Anda bisa mendapatkan manfaat dari beberapa jenis vitamin dan mineral dalam satu suplemen saja.

Cara Memilih Multivitamin yang Baik untuk Tubuh

Mengonsumsi suplemen multivitamin memang sangat dianjurkan. Namun, Anda juga harus tahu bagaimana cara memilih multivitamin yang benar karena jika tidak, bisa saja Anda memilih suplemen yang salah yang mana hal ini bisa berdampak pada berkurangnya efektivitas multivitamin tersebut atau bahkan menimbulkan reaksi berbahaya.

Berikut adalah tips memilih multivitamin yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh Anda.

1. Periksa Kandungan Vitamin

Tips yang pertama adalah dengan memeriksa kandungan vitamin dan mineral pada suplemen multivitamin yang hendak dibeli. Setiap produk multivitamin memiliki kandungan jenis vitamin dan mineral dan mineral yang berbeda-beda, termasuk takarannya.

Pastikan suplemen tersebut mengandung nutrisi yang sifatnya esensial bagi tubuh. Ada 7 (tujuh) jenis nutrisi yang setidaknya harus ada di dalam suplemen multivitamin, yaitu:

  • Vitamin B12
  • Vitamin D
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Zinc
  • Zat besi
  • Asam folat

2. Pilh Multivitamin sesuai Kebutuhan

Tips kedua ketika hendak memilih suplemen multivitamin adalah, pilihlah suplemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini penting agar asupan vitamin dan mineral tetap terjaga, tidak kekurangan namun juga tidak terlalu berlebihan yang mana hal ini juga tidak baik untuk tubuh Anda.

Idealnya, nilai asupan nutrisi harian mencapai 100 persen. Oleh sebab itu, coba perhatikan apakah suplemen yang hendak Anda beli mampu memenuhi hal tersebut. Akan tetapi, khusus nutrisi seperti kalsium dan magnesium, persentase kecukupannya tidak sampai 100 persen sehingga pastikan jika Anda tidak mendapat asupan kedua mineral tersebut secara berlebihan.

Selain itu, setiap orang tentunya memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Contohnya, pria lebih membutuhkan vitamin A, D, E, dan zinc. Sementara wanita biasanya dianjurkan untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi berupa kalsium dan vitamin D3.

3. Pilih Multivitamin Organik

Kendati mengonsumsi multivitamin sintesis bukan merupakan suatu kesalahan. Akan tetapi, menurut Institute for Integrative Nutrition (IIN), akan lebih baik lagi jika Anda mengonsumsi multivitamin organik yang berasal dari makanan (disebut juga whole-food vitamins).

Hal ini mungkin dikarenakan vitamin-vitamin tersebut masih bersifat alami sehingga menyimpan manfaat yang lebih besar. Berbeda dengan multivitamin sintetis yang dibuat di laboratorium yang tentunya sudah melalui proses kimiawi.

TAGS:
kesehatanmultivitaminkesehatan tubuh

RELATED STORIES

Loading interface...