Cara Mengatasi Stres Akibat Terlalu Lama WFH
ilustrasi
Lifestyle

Cara Mengatasi Stres Akibat Terlalu Lama WFH

Kamis, 4 Jun 2020 | 06:15 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Selama pandemi, bekerja di rumah mungkin menjadi pilihan bagi sebagian besar orang. Hal ini bisa menguntungkan, terlebih bagi Anda yang harus menempuh jarak yang jauh, waktu bekerja lebih fleksibel dan terhindar dari distraksi di tempat kerja. Namun, jika Anda harus kerja di rumah dalam kurun waktu yang lama,  justru disebut-sebut menyebabkan stres. Benarkah demikian? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Alasan terlalu lama kerja di rumah bisa memicu stres

Bekerja di rumah dapat menjadi pilihan membantu mengurangi stres yang dirasakan di tempat kerja. Namun, hal itu mungkin berlaku saat work-from-home atau kerja di rumah dilakukan berdasarkan keinginan Anda.

Sementara, akhir-akhir ini, kerja di rumah adalah suatu keharusan, dan dilakukan dalam kurun waktu yang lama. Belum lagi, ada banyak faktor lain yang menyebabkan keharusan bekerja di rumah menjadi tantangan tersendiri.

Sebagai contoh, tidak adanya privasi selama bekerja di rumah karena anggota keluarga lain pun menghabiskan waktunya di rumah, pekerjaan rumah yang menumpuk, harus menemani anak bermain, dan lain sebagainya.

Menurut sebuah laporan yang dibuat oleh European Foundation for the Improvement of Living and Working Condition, 41% pegawai yang kerja di rumah memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dibanding 25% pegawai yang bekerja di kantor.

Akan tetapi, justru sebagian orang lainnya merasa bahwa bekerja di rumah mampu mengurangi stres yang dirasakannya. Sebuah survei oleh Mental Health America juga mendukung hal tersebut.

Hasil survei tersebut menyatakan 71% orang cenderung memilih untuk kerja di rumah demi mengurangi tekanan yang dirasakan selama perjalanan menuju kantor. Bahkan, 75% responden menyatakan bahwa kerja di rumah dapat mengurangi stres yang didapatkan dari distraksi di tempat kerja.

Itu artinya, terlalu lama bekerja di rumah memang berpotensi meningkatkan stres yang dialami oleh masing-masing individu. Akan tetapi, hal ini tergantung pada kondisi dan kemampuan tiap-tiap orang menghadapi kondisi tersebut.

TAGS:
WFHkerja dari rumahstres

RELATED STORIES

Loading interface...