Cara Menghadapi Depresi Usai Melahirkan
ilustrasi
Kesehatan

Cara Menghadapi Depresi Usai Melahirkan

Jumat, 8 Nov 2019 | 07:30 | Rusmanto
Winnetnews.com - Sekitar 1 dari 7 wanita mengalami depresi pasca melahirkan. Efek ini adalah hal yang wajar untuk ibu muda setelah melahirkan, namun tidak boleh dibiarkan karena dapat mengancam kesehatan mental dan fisik baik ibu dan bayi. Ketahui cara mengatasi depresi pasca melahirkan dalam artikel ini.

Cara Mengatasi Depresi Pasca Melahirkan

Ibu pasca melahirkan bayinya akan merasakan berbagai emosi, mulai dari bahagia, terharu, sedih, hingga perasaan khawatir yang sulit diungkapkan. Emosi tersebut adalah akumulasi dari berbagai faktor saat masa kehamilan hingga beberapa hari pasca melahirkan, yang disebut juga dengan “baby blues.”

Baby blues adalah perasaan cemas dan khawatir terkait ibu dan bayi. Kebanyakan penyebab baby blues adalah karena pikiran negatif ibu yang takut apabila dirinya tidak bisa mengurus bayinya dengan baik nanti.

Bila dibiarkan, perasaan stres tersebut akan menjadi kondisi yang lebih serius, yaitu depresi postpartum atau depresi pasca melahirkan. Sebelum bertambah parah, ketahui cara mengatasi depresi pasca melahirkan berikut ini, yaitu:

1. Bangun Ikatan Kuat dengan Bayi Anda

Cara mengatasi depresi pasca melahirkan adalah dengan membangun ikatan emosional dan cinta dengan bayi. Ikatan emosional antara ibu dan bayi akan tumbuh secara natural, namun bila ibu mengalami depresi pasca melahirkan maka hubungan itu agak sulit dibuat.

Ibu harus lebih tenang dan pelan-pelan membuat ikatan kasih tersebut. Ikatan atau bonding ini diperlukan sebagai cara komunikasi antara ibu dan bayi serta ekspresi kasih sayang dan perhatian yang akan berpengaruh pada tumbuh kembang bayi kelak.

Berikut ini adalah cara untuk membangun ikatan antara ibu dan bayi, yaitu:

  • Memijat: Pijatan halus untuk bayi akan meningkatkan intensitas hubungan dengan bayi Anda, juga baik untuk perkembangannya.
  • Bermain: Bayi baru lahir memang belum bisa bermain, namun Anda harus berada disisinya dan ajak bayi berkomunikasi, bercanda, tersenyum, dll.
  • Jaga Bayi Anda: Memperhatikan bayi Anda yang sedang tidur akan memberikan kehangatan dan rasa tenang untuk Anda.

Ikatan emosional akan terbentuk bila Anda merawat, menjaga, merespon, dan memperhatikan bayi setiap saat dan memenuhi semua hal yang bayi butuhkan. Hal ini akan secara natural menyembuhkan rasa depresi Anda dan membuat lingkungan yang nyaman untuk bayi.

2. Merawat Diri Anda Sendiri

Sembari Anda tetap menjaga dan merawat bayi Anda, Anda juga harus merawat diri sendiri secara fisik dan mental dengan baik.

Berikut ini adalah cara mengatasi depresi pasca melahirkan, yaitu:

  • Usahakan untuk tidur yang cukup
  • Konsumsi makanan sehat yang sesuai dengan asupan untuk bayi dan Anda seperti makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan DHA
  • Beri waktu untuk diri Anda sendiri
  • Beristirahat
  • Refreshing sejenak
  • Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa Anda dapat menjadi ibu yang baik

Perlu diperhatikan bahwa bayi Anda dapat merasakan apa yang sedang Anda pikirkan, jadi Anda harus dalam keadaan yang sebaik-baiknya selama merawat bayi.

Perasaan lelah dan cemas pasti ada, tapi kontrol dan belajar untuk menjadi ibu yang baik, serta bicarakan dengan pasangan dan anggota keluarga lainnya untuk mendukung dan membantu Anda dalam merawat bayi.

3. Berolahraga

Bila fisik Anda sudah sehat, Anda dianjurkan untuk berolahraga sebagai cara mengatasi depresi pasca melahirkan. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa aktivitas fisik dapat membantu untuk mengurangi depresi pasca melahirkan, namun bukan gerakan latihan yang berat, ya.

Anda dianjurkan untuk berjalan-jalan santai di pagi hari untuk menghirup udara segar di sekitar rumah. Bila perlu, Anda juga dapat mengikuti berbagai latihan kebugaran yang ringan seperti yoga, pilates, kelas senam khusus pasca melahirkan, dll.

Berdasarkan penelitian dari American College of Obstetricians and Gynecologists, olahraga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, memperkuat otot-otot perut, dan meningkatkan energi juga bagi wanita setelah melahirkan.

4. Minta Dukungan Keluarga atau Kerabat

Cara mengatasi depresi pasca melahirkan selanjutnya adalah dengan meminta dukungan keluarga atau kerabat terdekat.

Anda harus berkomunikasi kepada suami Anda untuk membantu Anda dan ikut menjaga serta bekerja sama untuk merawat bayi. Beri tahu suami Anda semua dukungan yang Anda butuhkan baik bantuan secara fisik, emosional, psikologi, dan faktor lainnya.

Anda juga dianjurkan meminta dukungan pada keluarga terdekat untuk mengajari Anda beberapa hal penting dalam mengurus bayi atau sekadar menemani Anda. Selain itu, Anda juga harus membangun hubungan sosial dengan ibu-ibu lainnya agar bisa berbagi atau berdiskusi secara positif tentang cara merawat bayi.

TAGS:
depresiPasca Melahirkan

RELATED STORIES

Loading interface...