Cara Smart Mencuci Baju Putih, Bye Bye Warna Putih Kusam!
via cleanipedia.com
Lifestyle

Cara Smart Mencuci Baju Putih, Bye Bye Warna Putih Kusam!

Sabtu, 4 Apr 2020 | 21:19 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Mencuci dan merawat baju putih tidak bisa dilakukan sembarangan dan memerlukan perawatan ekstra dibandingkan dengan pakaian warna lain. Sebab kotoran yang menempel rentan meninggalkan noda dan pakaian mudah berubah warna menjadi kusam atau kekuningan pada kondisi tertentu.

Salah merawat pakaian putih pun bisa membuat bajumu cepat berubah warna dan penampilan malah terkesan kotor. Namun, jika dilakukan dengan benar, akan mendapat hasil maksimal.

Apalagi pakaian putih disukai banyak orang. Sifatnya yang mudah untuk dipadupadankan dengan kombinasi warna maupun acara apa pun, membuat baju putih menjadi stok busana wajib yang ada di lemari.

 Nah, berikut cara merawat dan mencuci pakaian agar tetap putih dan tidak cepat kusam.

1. Pilah pakaian sesuai kategori warna ketika dicuci

Langkah pertama untuk menjaga warna pakaian tetap putih adalah dengan memilah cucian kotor. Pisahlah pakaian putih dengan pakaian warna lain misalnya merah atau warna gelap lainnya untuk mencegah kelunturan dari pakaian berwarna.

2. Deterjen

Pilih deterjen yang mengandung optical brighteners. Kandungan ini akan membuat kain tampak lebih putih. Cairan pemutih itu berfungsi meningkatkan cahaya biru dan meminimalkan kadar kuning, sehingga membuat kain tampak lebih putih.

3. Maksimalkan dengan bahan pemutih lain

image0

Jika Anda merasa deterjen yang ada di rumah tidak bersih, maka tingkatkan kinerjanya dengan menambahkan setengah gelas boraks atau satu gelas soda kue di setiap pencucian.

4. Kucek bagian tertentu

Selalu kucek atau sikat bagian kerah, ketiak, lipatan tangan, dan kantong pakaian secara manual. Bagian ini adalah tempat berkumpulnya debu, kotoran, maupun daki yang sulit hilang bila menggunakan mesin cuci.

 

TAGS:
baju putihkusammencuci baju putih

RELATED STORIES

Loading interface...