Catat Nih!  Kunyit dan Temulawak Banyak Manfaatnya Loh untuk Kesehatan
Ilustrasi kunyit. ( Photo shutterstcok )
Kesehatan

Catat Nih!  Kunyit dan Temulawak Banyak Manfaatnya Loh untuk Kesehatan

Sabtu, 7 Mar 2020 | 14:44 | Muchdi

Winnetnews.com -  Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat mengurangi risiko tertular berbagai penyakit. Temulawak dan kunyit dipercaya sebagai dua rempah-rempah yang punya khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kunyit dan temulawak merupakan tanaman rempah-rempah yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain sebagai obat, kunyit juga kerap digunakan sebagai bumbu dapur.

Sejumlah penelitian telah membuktikan manfaat keduanya untuk kesehatan. Berikut khasiat kunyit dan temulawak yang telah terbukti, mengutip Healthline.

1. Bersifat anti-inflamasi

Peradangan bisa merusak tubuh. Para ilmuwan percaya bahwa peradangan merupakan akar dari sejumlah penyakit kronis seperti jantung, kanker, dan masih banyak lainnya.

Temulawak dan kunyit diketahui dapat melawan peradangan dengan sifat anti-inflamasi yang dimiliki. Senyawa dalam keduanya disebut mampu memblokir pergerakan molekul tubuh yang diyakini memainkan peran utama dalam banyak penyakit kronis.

2. Bersifat antioksidan

Antioksidan berperan untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dipercaya sebagai sumber dari berbagai penyakit.

Kunyit dan temulawak dipercaya sebagai agen antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimia yang ada di dalamnya.

Selain itu, kunyit dan temulawak juga dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan yang ada di dalam tubuh.

3. Menyehatkan otak

Banyak gangguan pada otak yang disebabkan oleh penurunan kadar hormon neurotropik (BDNF) seperti Alzheimer. Kunyit dan temulawak dipercaya dapat meningkatkan kadar hormon BDNF pada otak.

Kendati demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut dan terkontrol untuk mengkonfirmasi hal tersebut.

4. Menurunkan risiko jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Kunyit dan temulawak dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa penelitian bahkan menemukan, kunyit dan temulawak diketahui dapat meningkatkan fungsi endotel atau lapisan pembuluh darah. Disfungsi endotel menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Salah satu studi bahkan menemukan bahwa fungsi kunyit dan temulawak sama efektifnya dengan olahraga.

Selain itu, keduanya juga berperan dalam mengurangi peradangan yang juga berperan dalam penyakit jantung.

TAGS:
kunyittemulawakantioksidan

RELATED STORIES

Loading interface...