Catat Nih! Melihat Warna Dahak untuk Deteksi Kondisi Kesehatan Tubuh

Muchdi
Muchdi

Catat Nih! Melihat Warna Dahak untuk Deteksi Kondisi Kesehatan Tubuh Ilustrasi Melihat Warna Dahak untuk Deteksi Kondisi Kesehatan Tubuh ( Photo Istimewa )

Winnetnews.com - Dahak muncul dengan beragam warna. Mulai dari kuning, hijau, cokelat, putih, hingga kemerahan. Meski sama-sama keluar melalui batuk, arti warna dahak saling berbeda satu sama lain.

Tak sembarangan, warna dahak juga diketahui dapat memperlihatkan kondisi kesehatan tertentu.

Berikut beragam warna dahak beserta kondisi kesehatan yang dibawanya.

1. Warna dahak bersih

Warna dahak bening merupakan hasil produksi lendir yang sebagian besar merupakan air, protein, antibodi, dan beberapa garam untuk melumasi sistem pernapasan. Peningkatan jumlah dahak berarti tubuh yang tengah iritasi.

Alergi rinitis, virus bronkitis, dan virus pneumonia dapat menimbulkan dahak ini.

2. Dahak kuning ke hijau

Dahak berwarna hijau merupakan pertanda tubuh sedang melawan infeksi. Warna ini berasal dari sel darah putih. Pada awalnya, warna dahak berkembang dari kuning menjadi hijau. Perubahan ini terjadi karena tingkat keparahan meningkat.

Dahak kuning dan hijau ini umumnya disebabkan oleh bronkitis, pneumonia, sinusitis, dan cystic fibrosis atau penyakit paru-paru kronis.

3. Dahak cokelat

Warna dahak kecokelatan ini juga bisa tampak seperti berkarat. Warna cokelat umumnya berasal dari darah tua. Biasanya warna ini muncul setelah warna dahak kemerahan.

Dikutip dari situs kesehatan Healthline, warna dahak cokelat biasanya disebabkan oleh bakteri pneumonia, cytic fibrosis, pneumoconiosis, dan abses paru-paru.