Catat Nih, Sejumlah Kesalahan Terkait Kesehatan yang Rentan Dilakukan saat Berpuasa
Ilustrasi Berpuasa ( Photo medicalnewstoday.com )
Kesehatan

Catat Nih, Sejumlah Kesalahan Terkait Kesehatan yang Rentan Dilakukan saat Berpuasa

Sabtu, 2 Mei 2020 | 10:10 | Muchdi

Winnetnews.com -  Pada bulan puasa, konsumsi makanan yang tepat merupakan kunci dari ibadah yang lancar. Walau begitu, terdapat sejumlah kesalahan yang rentan dilakukan seseorang.

Sejumlah kesalahan ini tidak hanya berdampak pada masalah ibadah saja. Kondisi kesehatan juga bisa terpengaruh akibat beberapa kebiasaan saat berpuasa.

Sejumlah kesalahan yang berdampak pada kesehatan ini kerap tak disadari seseorang. Namun, hal ini bisa membuat ibadah puasa yang mereka lakukan jadi tidak lancar.

Beberapa hal yang kamu anggap sehat bisa saja justru malah membuatmu mengalami dampak buruk ini. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah kebiasaan tak sehat yang rentan dilakukan pada saat berpuasa.

- Minum Terlalu Banyak Air saat Sahur

Pada saat sahur, air merupakan sebuah hal yang sangat diperlukan tubuh. Namun, sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan pada saat sahur.

Konsumsi terlalu banyak air saat sahur justru bisa membuatmu sering kencing pasalnya jam setelah sahur adalah jam alami tubuh mengeluarkan kotoran. Hal ini justru malah bisa membuatmu mengalami dehidrasi pada saat berpuasa.

- Olahraga Setelah Berbuka

Berpuasa bisa menyebabkan jam olahraga yang biasa kia lakukan menjadi mundur. Salah satu pilihan adalah melakukan olahraga ini setelah berbuka.

Olahraga setelah berbuka disarankan untuk dilakukan dua jam setelahnya. Jeda waktu ini perlu untuk memberi waktu bagi tubuh mencerna makanan agar perut tetap terasa nyaman ketika olahraga.

- Makan Tergesa-Gesa

Kondisi lapar yang dialami setelah berpuasa seharian membuat kamu jadi makan secara tergesa-gesa. Sayangnya, hal ini bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan sehingga disarankan untuk makan secara perlahan.

- Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis saat Berbuka

Konsumsi makanan manis saat berbuka memang penting untuk mengembalikan energi tubuh yang sempat hilang. Namun jangan mengonsumsinya terlalu banyak. Batasi konsumsi makanan manis agar tidak terjadi lonjakan gula darah yang terlalu tiba-tiba dan akhirnya malah akan membuatmu mengantuk.

- Konsumsi Banyak Garam saat Sahur

Saat sahur, perhatikan dengan baik makanan yang akan kamu konsumsi. Kurangi makanan tinggi garam sebab malah akan memicu rasa haus ketika puasa. Hal ini bisa berujung berbagai masalah kesehatan lain yang mungkin kamu alami.

Pastikan untuk menghindari sejumlah hal tersebut agar ibadah puasa dapat kamu lalui dengan lancar. Pastikan untuk tidak salah dalam konsumsi makanan ketika puasa untuk mencegah masalah kesehatan lebih lanjut.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di Merdeka.com dengan judul "5 Kesalahan Terkait Kesehatan yang Rentan Dilakukan saat Berpuasa"

TAGS:
puasasahurmakananibadah

RELATED STORIES

Loading interface...