Cegah Corona, Program Mudik Gratis dari Pemerintah Ditiadakan Tahun Ini
Foto: Tribunnews.com
News

Cegah Corona, Program Mudik Gratis dari Pemerintah Ditiadakan Tahun Ini

Selasa, 24 Mar 2020 | 11:00 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Sebagai salah satu bentuk pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat resmi menghapus program mudik gratis pada masa Angkutan Lebaran 2020.

Kebijakan ini diambil terkait dengan perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat Virus Corona di Indonesia yang berlaku selama 91 hari terhitung sejak tanggal 29 Februari – 29 Mei 2020 mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menjelaskan program mudik gratis yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan, BUMN, hingga swasta untuk tahun ini akan ditiadakan.

“Melihat kondisi penyebaran virus Covid-19 yang begitu masif belakangan ini, ini keputusan yang tepat walau berat, mudik gratis akan dibatalkan. Saya harap masyarakat pun dapat mengerti dan mematuhi apa yang sedang dilakukan pemerintah," kata Budi dilansir dari detik.com.

Sementara di Ditjen Perhubungan Darat, baik mudik gratis dengan bus dan kapal penyeberangan semuanya akan ditiadakan.

Budi mengungkapkan, saat ini Kemenhub sedang fokus membantu pemerintah pusat dan daerah untuk menekan angka penyebaran virus virus corona.

"Karena kita tahu dengan mudik, artinya ada arus orang banyak yang akan melakukan perjalanan. Ini tentu berbahaya dan beresiko tinggi jika tetap dilakukan,” ujarnya.

Dalam memaksimalkan upaya menekan angka penyebaran virus corona, Budi juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudik di lebaran tahun ini..

“Mudik ini melibatkan banyak massa, berpotensi menjadi titik penyebaran virus tersebut, yang mudik bepergian ke daerahnya masing-masing akan berpotensi membuat wilayah persebaran Covid-19 semakin luas. Kami akan gencarkan kampanye ini secara terus menerus,” jelas Budi.

TAGS:
mudiklebaranCOVID-19Corona

RELATED STORIES

Loading interface...