Cina Minta Indonesia Tak Usah Lebay Hadapi Virus Corona
Duta Besar Cina untuk Indonesia, Xiao Qian [foto: Tribunnews]
Internasional

Cina Minta Indonesia Tak Usah Lebay Hadapi Virus Corona

Rabu, 5 Feb 2020 | 10:14 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Duta Besar Cina untuk Indonesia, Xiao Qian, memperingkatkan Indonesia untuk tidak bereakris berlebihan alias lebay dalam menyikapi virus corona. Hal ini disuarakan usai Indonesia menerapkan travel ban untuk rute Cina serta menghentikan kegiatan impor-ekspor asal Cina untuk menekan penyebaran virus ini.

“Tadi saya lihat ada berita pemerintah Indonesia akan menghentikan impor untuk mencegah virus corona masuk ke Indonesia. Kami memberi perhatian atas hal itu. Sampai sekarang belum ada bukti jika virus corona bisa ditularkan lewat barang,” kata Xiao Qian dalam jumpa pers di kediamannya, dilansir dari Tempo, Rabu (05/02).

Dilansir dari berbagai sumber, Indonesia akan menerapkan travel ban rute Indonesia-Cina mulai Rabu (05/02) hari ini. Dengan begini, perjalanan ke dan dari Cina akan dilarang pemerintah Indonesia hingga waktu yang belum ditentukan.

Sementara untuk masalah penghentian impor barang-barang Cina, Menteri Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa kebijakan tersebut tak berlaku menyeluruh. Hanya barang-barang impor saja yang akan dilarang masuk ke Indonesia. Sampai pada berita ini ditulis, pemerintah Indonesia masih belum merilis daftar barang apa saja yang dilarang masuk.

Protes Cina ke Indonesia ini menyusul aksi Amerika Serikat yang juga menerapkan travel ban dari dan ke Cina. Menurut Cina, Amerika Serikat turut membuat kegaduhan yang justru membuat banyak negara ikut-ikutan.

Menurut Xiao Qian, apa yang dilakukan Indonesia justru akan menimbulkan dampak negatif dari hunungan perdagangan Indonesia-Cona ke depannya. Hubungan Indonesia-Cina yang sudah berjalan selama 70 tahun ini tidak boleh dirusak oleh tindakan berlebihan dan tak rasional.

Lebih lanjut, Xiao Qian berkelar jika aksi ‘menjauhi Cina’ sementara ini terus dilakukan, maka nantinya Indonesia akan mengalami kerugian besar secara ekonomi. Ia berharap pemerintah Indonesia bisa bersikap rasional dan yakin bahwa penyebaran virus corona bisa dihentikan tanpa harus bertindak lebay.

TAGS:
virus coronawabah virus coronacoronavirusCinatravel baneksporimporXiao QianWuhan

RELATED STORIES

Loading interface...