Ciri-Ciri Buta Warna Pada Anak
ilustrasi
Kesehatan

Ciri-Ciri Buta Warna Pada Anak

Kamis, 18 Jun 2020 | 16:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sama halnya seperti orang dewasa, bayi dan anak-anak yang terbilang masih berada di usia ini ternyata juga berisiko mengalami gangguan pada mata. Dari beberapa jenis masalah mata, satu di antaranya yang dapat terjadi pada bayi dan anak yakni buta warna. Sebagai orangtua, ada baiknya kenali sedini mungkin ciri-ciri buta warna pada anak.

Apa saja tanda saat si kecil mengalami buta warna? Mari simak penjelasan lebih lengkapnya.

Apa ciri-ciri saat anak mengalami buta warna?

image0

Sesuai dengan namanya, buta warna adalah ketidakmampuan seseorang untuk melihat dan membedakan warna-warna yang ditangkap mata secara normal.

Sebelum mendeteksi ciri-ciri buta warna pada anak, sebaiknya pahami dulu proses saat mata menangkap cahaya dan warna.

Proses sampai akhirnya mata berhasil melihat berbagai warna berbeda dari lingkungan sekitar terbilang kompleks, termasuk pada bayi dan anak-anak.

Berawal dari masuknya cahaya ke dalam mata melalui kornea, hingga bergerak melewati lensa dan jaringan transparan pada mata.

Cahaya tersebut hendak menuju ke sel kerucut yang terletak di dalam retina atau tepatnya berada di bagian di belakang bola mata.

Sel kerucut ini sangat peka terhadap panjang gelombang cahaya yang berwarna biru, hijau, dan merah. Selanjutnya, bahan kimia yang ada di dalam sel kerucut akan memicu reaksi dan mengirimkan informasi ke otak melalui saraf optik.

TAGS:
kesehatanbuta warna

RELATED STORIES

Loading interface...