Coklat Mana Yang Sehat?
Kesehatan

Coklat Mana Yang Sehat?

Jumat, 22 Jan 2016 | 21:48 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Dark chocolate kaya akan flavonoid, senyawa antioksidan yang juga ditemukan di teh dan wine, yang dapat mencegah penyakit jantung. Namun di dark chocolate, kandungan flavonoid-nya lebih tinggi. Kandungan yang sama ditemui juga di milk chocolate.

Penelitian yang dilakukan ilmuwan University of Aberdeen di Scotland tersebut melibatkan 20.951 responden. Ditemukan, mereka yang makan cokelat di atas rata-rata selama 11,3 tahun (sebagian besar milk chocolate) memiliki risiko penyakit jantung koroner dan stroke lebih rendah dibanding mereka yang makan dalam jumlah sedikit atau tidak sama sekali.

Namun demikian, peneliti segera menyimpulkan orang yang sehat makan cokelat lebih banyak, seperti dilansir Consumer Reports.

Meskipun demikian, dikatakan bahwa cokelat susu yang beredar di pasaran, tidak sehat. Alasannya karena mengandung gula lebih tinggi. Sebaiknya memilih dark chocolate atau cokelat hitam, kendati rasanya lebih pahit.

Mari perhatikan kandungan cokelat berikut. Sebatang milk chocolate seberat 44 gram memiliki 235 kalori, 13 gram lemak, dan 22 gram gula.

Jumlah yang sama dari dark chocolate 70 persen mengandung 263 kalori, 12 gram lemak, dan 11 gram gula.

Satu keuntungan yang dimiliki dark chocolate dibanding milk chocolate adalah kandungan serat.

Sebatang dark chocolate 44 gram mengandung 5 gram serat. Sedangkan milk chocolate dalam berat yang sama mengandung 1,5 gram serat.

(seperti dilansir dari CNN Indonesia)

TAGS:
sehatcoklatcoklat hitam

RELATED STORIES

Loading interface...