Covid-19 Belum Reda, Muncul Virus Baru Turunan Flu Babi
Ilustrasi peternakan babi. (Foto: Straits Times)
Internasional

Covid-19 Belum Reda, Muncul Virus Baru Turunan Flu Babi

Selasa, 30 Jun 2020 | 09:15 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Belum usai virus corona yang sudah merenggut ratusan ribu nyawa manusia, kini sejumlah ilmuwan di China kembali mendeteksi virus jenis baru flu babi yang diprediksi bakal menjadi pandemi.

Hasil penelitian mereka disampaikan lewat sebuah tulisan di jurnal sains Amerika Serikat (AS), Senin (29/6). Flu dengan kode G4 ini, secara genetika merupakan turunan dari strain H1N1 atau flu babi yang sempat menghebohkan jagat dunia pada 11 tahun lalu.

Dilansir dari CNN Indonesia, Selasa (30/6), flu babi memiliki banyak ciri. Salah satunya, beradaptasi untuk menularkan ke manusia. Hal tersebut diungkapkan sejumlah ilmuwan di beberapa perguruan tinggi di China dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China.

Para peneliti mengklaim, G4 lebih cepat menular karena mampu bereplikasi dalam sel tubuh manusia. G4 juga menyebabkan gejala serius pada musang ketimbang virus lain.

Para peneliti pun mengimbau pihak berwenang guna lebih memerhatikan para pekerja yang menggunakan babi sebagai asistennya. Imbauan itu tentu berdasarkan hasil penelitian yang membuktikan bahwa 10,4 persen pekerja di peternakan babi telah terpapar virus turunan flu babi tersebut.

"Sangat mengkhawatirkan bahwa infeksi virus G4 pada manusia akan meningkatkan adaptasi manusia dan meningkatkan risiko pandemi pada manusia," demikian tulis para peneliti.

TAGS:
flu babivirus coronaChinastrain H1N1

RELATED STORIES

Loading interface...