Dampak Konsumsi Minuman Alkohol dengan Kanker Paru
ilustrasi
Kesehatan

Dampak Konsumsi Minuman Alkohol dengan Kanker Paru

Rabu, 22 Jan 2020 | 07:44 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sudah menjadi rahasia umum jika minuman beralkohol sangat tidak sehat bagi kesehatan. Bahkan, penelitian terbaru membuktikan bahwa sering mengonsumsinya bisa menyebabkan datangnya kanker paru. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Kaitan Antara Minuman Beralkohol dengan Kanker Paru

Dalam penelitian yang dilakukan di Inggris dan melibatkan 125.249 partisipan ini, disebutkan bahwa minuman beralkohol terkait dengan setidaknya 60 jenis penyakit yang bisa menyerang manusia. Bahkan, alkohol memiliki kandungan karsinogen atau penyebab kanker yang bisa memicu kanker hati, kanker usus besar, kanker rektum, kanker payudara, kanker leher, serta kanker kepala.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa para partisipan rutin menenggak minuman beralkohol. Para peneliti pun menggunakan asosiasi genom-width untuk mengetahui dampak minuman ini hingga ke level DNA. Hasilnya adalah, gen di dalam tubuh manusia serta hewan percobaan berupa cacing langsung merespons alkohol saat masuk ke dalam tubuh.

Andrew Thompson, salah satu peneliti yang terlibat dari University of Liverpool menyebut alkohol bisa menyebabkan kecanduan dan munculnya perilaku kompulsif. Jika kebiasaan meminumnya juga dikombinasikan dengan kebiasaan merokok, maka risiko terkena kanker paru akan meningkat dengan drastis.

“Peneiltian ini dilakukan untuk mengetahui dampak dari minuman beralkohol hingga ke tingkat genetik. Faktanya, minuman ini memang terkait dengan risiko kanker paru. Sebaiknya kita mulai menghindari minuman ini dan kebiasaan merokok jika memang tak ingin terkena kanker,” tegas Thompson.

TAGS:
minuman alkoholkanker paru

RELATED STORIES

Loading interface...