Dampak Tiket Mahal, Jumlah Wisatawan Lokal yang Berkunjung ke Bali Menurun
Bandara Ngurah Rai Bali
News

Dampak Tiket Mahal, Jumlah Wisatawan Lokal yang Berkunjung ke Bali Menurun

Senin, 3 Jun 2019 | 15:10 | Daniel

Winnetnews.com - Kenaikan harga tiket pesawat ternyata berdampak negatif pada total wisatawan domestik yang berkunjung ke Bali. Disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali A A Gede Yuniartha Putra, kunjungan wisatawan domestik mengalami penurunan penurunan 12 persen.

Yuniarta  mendukung wacana Presiden Joko Widodo untuk mengundang lebih banyak penerbangan luar untuk masuk ke Indonesia. Karena, jika dikalkulasi, harga tiket maskapai luar ternyata lebih murah ketimbang maskapai lokal.

“Dampak kenaikan harga tiket domestik ini sangat buruk terhadap pariwisata, hampir di seluruh bandara sekarang sepi. Sejak kenaikan harga tiket pada Januari hingga sekarang, jumlah wisatawan domestik yang datang ke Bali turun sekitar 12 persen,” jelas Yuniarta seperti dikutip dari Antara.

Menurut Yuniarta, dampak tersebut memang sangat terasa untuk wisatawan lokal saja. Sementara untuk wisatawan asing tidak terpengaruh apa pun soal kenaikan harga tiket. “Jadi tetap penurunan terjadi pada wisatawan domestik saja,” tambahnya.

Pada bulan Mei, pemerintah melalui Kementerian Perhubugan telah menetapkan tarif batas atas dan tarif batas bawah. Budi Karya Sumadi menegaskan semua maskapai “harus mengikuti regulasi tersebut.” Sebagai contoh, untuk rute Jakarta-Surabaya tarif batas atas dikenakan Rp1,167 juta, sementara tarif batas bawah Rp408 ribu.

 

 

Penulis : Daniel
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

TAGS:
wisataBalitravelingtiket pesawat

RELATED STORIES

Loading interface...