Darah Tinggi? Konsumsi 5 Buah Ini

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Darah Tinggi? Konsumsi 5 Buah Ini

Winnetnews.com - Kamu pasti pernah mendengar mengenai beberapa jenis sayuran yang memiliki manfaat luar biasa untuk turunkan hipertensi. Nah, di artikel ini akan membahas buah-buahan yang memiliki manfaat luar biasa agar dapat mengontrol dan menurunkan tekanan darah.

1. Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang mampu mengontrol tekanan darah, dikarenakan kandungan mineral yang tinggi pada semangka. Mengandung kalium dan magnesium, semangka terbukti mampu memberikan manfaat baik dalam pengontrolan darah.

Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan oleh Oxford University Press menyatakan bahwa konsumsi semangka untuk orang obesitas dan hipertensi. Hal ini terbukti sangat efektif untuk mengurangi tekanan darah.

2. Pisang

Pisang dikenal sebagai buah yang mengadung kalium yang merupakan jenis mineral penting untuk menyerap kadar natrium dalam darah. Untuk mendapatkan manfaat pisang secara maksimal, ada baiknya konsumsi pisang tanpa digoreng atau ditambahkan dengan berbagai macam pangan yang tinggi akan natrium.

3. Kiwi

Dengan kandungan zat senyawa aktif, mineral kalium dan folat, serta cairan yang tinggi, kiwi mampu menurunkan darah pada penderita hipertensi. Kombinasi tersebut ampuh untuk mengontrol tekanan darah.

4. Anggur

Kandungan oksidan yang terdapat di dalam anggur serta serat di dalamnya merupakan sebuah kombinasi yang tepat untuk menghindari sindrom metabolik.

5. Beri

Stroberi, blackberi, dan bluberi adalah jenis buah beri yang memiliki kandungan antioksidan jenis antosianin yang tinggi. Pigmen warna pada buah beri ini ternyata mengandung antosianin yang efektif untuk menurunkan tekanan darah.