Dari Flu Burung Sampai Virus Corona, Mengapa Cina Jadi Gudang Virus Mematikan?
Karantina di Kkota Wuhan, Cina (foto: Forbes)
Kesehatan

Dari Flu Burung Sampai Virus Corona, Mengapa Cina Jadi Gudang Virus Mematikan?

Sabtu, 25 Jan 2020 | 22:04 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Wabah virus Corona saat ini tengah menggegerkan dunia. Menurut berbagai laporan, wabah virus ini telah menjangkit lebih dari 1.300 orang dan memakan sebanyak 41 korban jiwa. Pemerintah Cina saat ini telah melakukan karantina massal terhadap 41 juta penduduk di 15 kota yang tersebar di Cina.

Kemunculan virus ini diberi nama 2019-nCov dan pertama kali terdeteksi pada akhir Desember 2019 lalu di Kota Wuhan. Sejak saat itu, virus tersebut terus menyebar dan kasusnya dilaporkan telah muncul di berbagai negara.

Cina memang diketahui seagai negara penghasil virus yang menyebabkan penyakit mematikan. Sebut saja virus flu burung, virus severe acute respiratory syndrome (SARS), dan yang terbaru saat ini yaitu virus Corona.

Lantas muncul pertanyaan, mengapa Cina menjadi tempat beken munculnya virus-virus berbahaya tersebut?

Vaksinolog lulusan University of Siena, dr. Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD, menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang melatarbelakangi fenomena ini.

“Penyakit-penyakit ini berasal dari binatang yang ditransmisikan ke manusia yang biasa dikenal dengan zoonotic disease,” kata dr. Dirga, dilansir dari Detik Health, Sabtu (25/01).

“Di Cina sendiri, banyak sekali model interaksi antara manusia dengan hewan yang tidak aman. Contohnya saja kalau kita pergi ke Cina, pasar binatangnya itu kan sangat bebas. Ada banyak jenis hewan yang dicampuradukkan. Baik hewan hidup dan mati pun diperjualbelikan. Orang di sana cenderung tidak bersih. Sangat gampang tertular penyakit yang dibawa oleh hewan,” lanjut dr. Dirga.

Faktor lainnya, menurut dr. Dirga, adalah jumlah populasi penduduk Cina yang terbilang tinggi. Artinya, ketika virus pada hewan bermutasi sehingga bisa menjangit manusia, virus akan mudah menyebar karena populasi penduduk yang padat dan mobilitas yang tinggi.

“Itu bisa menjelaskan kenapa kok banyak sekali penyakit yang berasal dari dataran Cina,” pungkasnya.

 

TAGS:
Coronavirus coronaWuhanVirus Wuhanpenyakit berbahayavirus mematikaninfeksi virusSARSflu burung

RELATED STORIES

Loading interface...