Di Skotlandia Anak-anak Tidak Boleh Menyundul Bola Saat Main Sepakbola
ilustrasi
Kesehatan

Di Skotlandia Anak-anak Tidak Boleh Menyundul Bola Saat Main Sepakbola

Selasa, 21 Jan 2020 | 12:54 | Rusmanto
Winnetnews.com - Sepak bola adalah olahraga yang disukai siapa saja. Di Indonesia, banyak anak-anak yang sudah memainkannya sejak kecil. Masalahnya adalah olahraga ini bisa menyebabkan kontak fisik dan memicu datangnya cedera. Hal ini bahkan membuat Skotlandia memutuskan untuk melarang anak-anak untuk menyundul bola saat memainkannya. Apa sebenarnya alasan dari larangan ini?

Penyebab Larangan Anak Menyundul Bola

Sebenarnya, larangan anak menyundul bola bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya, pada 2015 lalu, pemerintah Amerika Serikat juga mengeluarkan larangan serupa. Hanya saja, larangan yang dikeluarkan oleh Skotlandia ini menjadi buah bibir karena dikeluarkan sendiri oleh asosiasi sepak bola negara tersebut, Scottish FA.

Keputusan PSSI-nya Skotlandia ini didasari oleh hasil dari penelitian yang dikeluarkan University of Glasgow pada Oktober 2019. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa mantan atlet sepak bola profesional ternyata memiliki risiko 3,5 kali lebih besar untuk meninggal akibat penyakit degeneratif pada otak. Jika mereka sudah terbiasa menyundul bola di usia anak-anak, bisa jadi risikonya akan semakin meningkat.

“Penelitian yang dilakukan University of Glasgow juga mengambil data dari pemain sepak bola di Skotlandia. Kami merasa memiliki tanggung jawab pada anak-anak yang juga memainkan olahraga ini sehingga memutuskan untuk melarang mereka menyundul bola demi kebaikannya,” tulis SFA.

Salah seorang legenda sepak bola Skotlandia yang pernah bermain di Glasgow Celtic, John Hartson mendukung keputusan ini.

“Ada beberapa situasi yang membuat pemain sepak bola yang sampai kehilangan nyawa atau menderita demensia. Saya senang Scottish FA mau melakukan sesuatu terkait dengan hal ini,” ucapnya.

TAGS:
sepakbolaskotlandia

RELATED STORIES

Loading interface...