Dianggap Meromantisasi Korea Utara, Partai Politik ini Ajukan Keluhan Untuk Drama "Crash Landing On You"
Foto: tvN
Celebrity

Dianggap Meromantisasi Korea Utara, Partai Politik ini Ajukan Keluhan Untuk Drama "Crash Landing On You"

Kamis, 23 Jan 2020 | 15:39 | Nisa Diniah

Winnetnews.com - "Crash Landing On You" adalah salah satu drama Korea terpopuler saat ini. Alur ceritanya yang berbeda dan chemistry antara Hyun Bin dan Son Ye Jin membuat drama ini sukses menarik hati banyak penggemar drama Korea. Sayangnya, ada sedikit kabar kurang menyenangkan terkait dengan drama tersebut.

Alur cerita "Crash Landing On You" sendiri sudah menuai kontroversi sebelum penayangan perdananya. Pasalnya, drama ini berfokus pada kisah percintaan antara prajurit Korea Utara dan warga Korea Selatan. 

image0

Pada hari Rabu (22/1), Badan Kepolisian Metropolitan Seoul mengatakan kalau mereka saat ini tengah mengkaji tuntutan yang diajukan terhadap drama tersebut. Tuntutan diajukan oleh Partai Liberal Kristen menuduh bahwa drama tersebut melanggar Undang-Undang Keamanan Nasional.

Tuntutan yang diajukan oleh Partai Liberal Kristen itu menyatakan bahwa drama tersebut terlalu meromantisasi Korea Utara sehingga dapat membahayakan Korea Selatan, karena hubungan dua negara tersebut masih belum membaik. 

Tuntutan hukum yang menimpa "Crash Landing on You" langsung menyita perhatian netizen Korea Selatan. Hal ini menuai komentar beragam dari netizen. Sebagian netizen membela keluhan partai tersebut, sementara netizen lainnya tetap mendukung drama ini karena ceritanya menarik dan ini hanya sebuah drama saja. 

"Ini hanya sebuah drama tetapi kalian tidak menyadari betapa hal-hal kecil seperti ini dapat benar-benar memengaruhi ide seseorang tentang sesuatu. Aku mendukung kebebasan kreatif tetapi ini terlalu jauh," kata seorang netter.

"Drama ini benar-benar mengagungkan Korea Utara. Inti dari plot adalah bahwa Son Ye Jin lelah dikelilingi oleh kehidupannya yang kaya dan kapitalisme lama sehingga dia jatuh cinta dengan kualitas manusia dari masyarakat Korea Utara. Namun pada kenyataannya, Korea Utara tidak memiliki apa-apa, tidak ada kualitas manusia, tidak ada apa-apa. Lihat saja klip-klip Korea Utara dari CNN, perbandingan kenyataan dengan drama ini sangat mengejutkan. Apa yang aku katakan adalah bahwa AS atau Inggris tidak akan pernah menciptakan sebuah drama di mana warga negara mereka jatuh cinta dengan pemimpin Taliban atau ISIS karena mereka tahu pengaruh apa yang dimiliki media," sahut netter lain.

"Kalau 'Itu hanya sebuah drama'.... lalu mengapa tidak memproduksi drama lain di mana Hyun Bin adalah putra leluhur pro-Jepang dan Son Ye Jin adalah putri pejuang kemerdekaan? Apakah itu hanya sebuah drama juga?" ujar netter lain.

"Drama ini terlalu jauh untuk dianggap sebagai drama lagi," sambung netter lain.

"Begitu banyak orang bodoh yang tidak bisa membedakan antara kenyataan dan drama," seru netter lain.

"Drama atau film, kita tidak boleh mengagungkan Korea Utara seperti ini

"Semua orang terus membela pepatah bahwa ini hanya drama tapi aku tahu bahwa kalian semua akan mengangkat tangan jika ada drama yang mengagungkan pendudukan Jepang. Korea Utara tidak pernah sekalipun meminta maaf kepada negara kami, jadi aku tidak mengerti mengapa kami bersikap lunak terhadap mereka," tutur netter lain.

"Hyun Bin mempercantik. Aku tidak berpikir dia memuliakan Korea Utara," komentar netter lain.

"Bukan masalah serius. Mari kita menonton drama," ujar netter lain. 

"Tidak bisakah kalian membedakan antara fiksi atau tidak?" ucap yang lainnya.

TAGS:
Crash Landing on YoukontroversiKorea UtaraDrama Korea 2020

RELATED STORIES

Loading interface...