Diduga Ada Danau Raksasa di Kedalaman Es Antartika

Rusmanto
Rusmanto

Diduga Ada Danau Raksasa di Kedalaman Es Antartika istimewa

WinNetNews.com - Sebuah danau raksasa di kedalaman es Antartika selama ini bikin penasaran para ilmuwan. Untuk mengungkap rahasianya, baru saja dilakukan pengeboran untuk mencapai danau tersebut.

Kedalamannya 3.500 kaki atau sekitar 1 kilometer di bawah permukaan Antartika. Setelah dua hari dibor dengan perangkat bor air panas tekanan tinggi, para ilmuwan menyatakan danau itu luasnya dua kali kota Manhattan.

Selanjutnya, akan diturunkan perangkat robotika ke danau tersebut untuk mengetahui lebih jauh soal temperatur dan kebersihannya serta untuk mencari keberadaan kehidupan, kemugkinan adalah mikroba. Perangkat itu dibekali pula dengan 3 kamera video.

"Kami tidak tahu apa yang akan kami temukan. Inilah yang membuat kegiatan ini sangat fun," kata John Priscu, kepala ilmuwan Subglacial Antarctic Lakes Scientific Access (SALSA) yang melakukan penelitian tersebut. Tim yang diturunkan dalam misi ini mencapai 45 orang.

Danau bernama Mercer Subglacial itu ditemukan berkat citra satelit sekitar 1 dekade lalu dan belum pernah dieksplorasi sebelumnya. Ia diyakini menjadi salah satu dari 400 danau tersembunyi di kedalaman Antartika.

"Bagian dari pengeboran adalah mengambil sampel air untuk menguji kebersihannya. Sudah dites dua kali sejauh ini dan airnya sejernih air yang sudah disaring," ujar tim SALSA.

Meskipun temperatur danau tersebut diprediksi di bawah 0 derajat Celcius, tapi airnya tidak membeku karena adanya tekanan intens dari es di atasnya. 

Jika ditemukan mikroba, maka akan membuka kemungkinan kalau kehidupan juga barangkali ada di kedalaman planet Mars atau di satelit planet Jupiter dan Saturnus yang terselimuti oleh es.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Ilmuwan Selidiki Danau Raksasa Misterius di Bawah Antartika"