Digugat Karena Kualitas Udara Jakarta, Anies: Kecuali Semua Naik Sepeda, Itu Lain

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Digugat Karena Kualitas Udara Jakarta, Anies: Kecuali Semua Naik Sepeda, Itu Lain
Winnetnews.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berikan tanggapannya terkait gugatan perdata yang diajukan Gerakan Inisiatif Bersihkan Udara Koalisi Semesta (Ibukota). Menurutnya, kualitas udara di Jakarta hanya akan membaik jika penggugat dan penggunaan kendaraan pribadi dikurangi.

“Jadi begini, negara ini adalah negara hukum dan setiap warga negara, setiap badan, memilki hak untuk menempuh jalur hukum atas semua masalah yang dianggap perlu untuk diselesaikan lewat jalur hukum. Jadi kita hargai, kita hormati dan nanti biar proses hukum berjalan,” ungkap Anies, Jumat (5/7/19).

Anies beranggapan bahwa itu semua dapat direalisasikan jika warga serta penggugat ikut serta dalam memperbaiki kualitas udara di Jakarta dengan cara mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

“Mari semuanya, semua dari kita kurangi penggunaan kendaraan pribadi karena kualitas udara ini bukan disebabkan dua profesi saja, tapi oleh kita semua, termasuk teman-teman kita yang melakukan tuntutan hukum. Itupun kita-kita semua senyatanya ikut melakukan kontribusi pada penurunan kualitas udara, kecuali sudah pada naik sepeda semua. Kalau semua sudah naik sepeda, itu lain,” tambahnya

Tak hanya Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga digugat secara perdata karena dianggap lalai dalam tugasnya menjaga kualitas udara di wilayah yang saat ini mereka pimpin.