Diguncang Gempa 6,9 SR,  Gunung Kilauea di Hawaii Meletus Lagi
Foto:Istimewa
Internasional

Diguncang Gempa 6,9 SR, Gunung Kilauea di Hawaii Meletus Lagi

Sabtu, 5 Mei 2018 | 17:24 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com- Hawaii diguncang gempa bumi dengan kekuatan 6,9 skala Richter pada Jumat 4/5/2018. laporan dari Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa juga diikuti oleh erupsi Gunung Kilauea.

Dikutip dari  Fox News,  menurut catatan USGS, gempa berpusat di dekat sisi selatan Gunung Kilauea -- sekitar 16 kilometer dari barat daya Leilani Estates.

USGS mengatakan, gempa terjadi sekitar pukul 12.32 siang waktu setempat. Gempa dan erupsi Gunung Kilauea ini membuat 10 ribu orang mengungsi.

"Gempa yang terjadi hampir sama dengan insiden mematikan sebelumnya pada 1975 dengan kekuatan 7,1 skala Richter," tulis Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat.

Sebelumnya, Gunung Kilauea di Hawaiidilaporkan erupsi pada Kamis malam, 3 Mei 2018, melepaskan aliran lava ke wilayah permukiman, mendorong pemerintah mengevakuasi warga sekitarnya.

Hawaii County mengatakan, uap dan lava mengalir keluar dari celah di Leilani Estates, dekat Kota Pahoa di Big Island. Penduduk di wilayah Puna yang berjumlah sekitar 10.000 orang diperintahkan untuk mengungsi dari area kaki gunung api tersebut.

Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut, retakan di dinding kawah gunung api baru dilaporkan pada Kamis sore, yang perlahan memicu uap panas dan aliran lava.

TAGS:
hawaiigempa6.1 SRGunung api Kilauea

RELATED STORIES

Loading interface...