Dilema PAN Dukung Jokowi: Zulkifli Hasan Oke, Amien Rais Ogah
Amien Rais (foto: Media Indonesia)
Politik

Dilema PAN Dukung Jokowi: Zulkifli Hasan Oke, Amien Rais Ogah

Kamis, 17 Okt 2019 | 14:54 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Menjelang pelantian presiden dan wakil presiden, Partai Amanat Nasional (PAN) masih belum memutuskan akan mendaratkan pilihan pada kubu mana. Bukan lagi menyoal pilihan nomor urut 01 atau nomor urut 02, PAN dilanda dilema besar dalam menentukan posisi sebagai koalisi atau oposisi.

Ketua umum PAN Zulkifli Hasan menyebut jika partai tersebut mendukung penuh pemerintahan Jokowi. “Apalagi lebih jelas. Setelah kita dukung Pak Jokowi, kita sukseskan dan doakan bersama agar semuanya sukses,” kata Zulkifli, dikutip dari Detik.com, Kamis (17/10).

Pernyataan Zulkifli ini ternyata kontradik dengan Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais. Selain Amien Rais, Dradjad Wibowo juga menolak ide bahwa PAN harus masuk ke rumah koalisi Jokowi-Ma’ruf. Ia mengeaskan jika PAN tidak boleh mengemis jatah menteri.

Bagi Dradjad, PAN mempunyai kursi yang minim di DPR sehingga tidak akan ada gunanya bagi pemerintah untuk mengajak PAN bergabung dalam kapal yang sama. Dradjad secara tegas menolak berbagai statement yang mengatakan bahwa Amien Rais merupakan ganjalan yang menganggu PAN untuk bergabung dengan koalisi.

“Kalau disebut Pak Amien menjadi ganjalan jelas ngaco lah. Orang yang ngomong seperti itu tidak benar-benar paham PAN dan pengurus-pengurus PAN di wilyah pusat dan daerah,” celetuknya.

“Para pengurus PAN, baik yang berada di daerah atau pusat, sangat menghormati Pak Amien karena karisma dan perjuangan beliau. Jadi apa yang ditakutkan jika PAN bergerak di luar pemerintahan?” pungkasnya.

TAGS:
Amien RaisZulkifli HasanPANKoalisi JokowiMa'ruf AminJokowiJoko WidodoDradjad Wibowo

RELATED STORIES

Loading interface...