Dipecat di Era Ahok, Pegawai ini Dilantik Anies Jadi Kepala Dinas

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Dipecat di Era Ahok, Pegawai ini Dilantik Anies Jadi Kepala Dinas
Winnetnews.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dikabarkan melantik pejabat eselon II, Sayfrin Liputo yang ternyata pernah dipecat atau dicopot jabatannya di masa pemerintahan Gubernur BTP alias Ahok.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI, Chaidir menolak pernyataan bahwa posisi Syafrin adalah pejabat yang dipecat pada era Ahok. Menurutnya, Syafrin pada saat itu sedang menjabat sebagai Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DKI berubah statusnya menjadi pegawai nonjob dikarenakan adanya pergantian jabatan.

“Kan pada 2015 iotu ada replacement jabatan, nah dia enggak kebagian jabatan atau hanya di waiting list, kemudian dia pindah,” ungkap Chaidir, Senin (8/7/19).

Belakangan Syafrin dikabarkan lolos saat melamar sebagai ASN di Badan Penglola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan. Syafrin dikabarkan kembali mendaftar peserta lelang Kepala Dinas Perhubungan DKI dan dinyatakan berhasil masuk tiga besar.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dianggap mempunyai hak prerogatif untuk memilih satu dari ketiga calon terpilih tersebut. Atas putusan Anies, Syafrin kembali dilantik bersama dengan 14 pejabat eselon II DKI serta pejabat tinggi BPKP DKI, Senin (8/7/19).

Saat ditanya, Amies menyatakan bahwa 16 pejabat yang sudah dilantik tersebut merupaka hasil murni dari seleksi lelang jabatan.

“Tidak ada rumus bahwa Plt akan menjadi pejabat definitif. Jadi hari ini dibuktikan bahwa itu hanya mitos. Semua prosesnya melalui seleksi,” ungkap Anies.