Dishub DKI Bolehkan Warga Mudik Lokal di Jabodetabek, Asal Taat Aturan PSBB
Foto: Kompas.com
Nasional

Dishub DKI Bolehkan Warga Mudik Lokal di Jabodetabek, Asal Taat Aturan PSBB

Jumat, 8 Mei 2020 | 12:47 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com - Presiden Joko Widodo secara resmi telah menetapkan larangan mudik, untuk memutus rantai penularan virus corona. Namun, mudik lokal seperti di wilayah Jabodetabek masih diperbolehkan, selama menaati aturan PSBB.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. Ia mengatak, mobilitas di wilayah Jabodetabek masih diizinkan.Sehingga tak masalah jika warga mau melakukan mudik lokal di kawasan Jabodetabek.

"Tidak ada larangan kalau mudik antarwilayah Jabodetabek," kata  Syafrin dilansir dari kumparan..

Dengan catatan, warga yang melakukan mobilitas di kawasan Jabodetabek harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan dalam aturan PSBB di setiap wilayah. Misalnya dengan wajib menggunakan masker. Hingga mengurangi jumlah penumpang 50 persen. Juga posisi duduk yang diatur sesuai ketentuan.

Sementara untuk mudik antar-wilayah, pihaknya menegaskan itu dilarang. Hal itu mengikuti instruksi Presiden Jokowi yang melarang mudik secara nasional.

"Kalau mudik dilarang," tegasnya.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya K0mbes Pol Sambodo Purnomo mengatakan, tidak mungkin mencegah warga yang mudik lokal di dalam wilayah Jabodetabek. Polisi tidak punya kekuatan untuk mencegah pergerakan warga di dalam Jabodetabek. Sebab, saat ini fokus pada pelarangan mudik keluar Jabodetabek.

"Pertanyaannya kalau dilarang, dilarang pakai apa? Bagaimana cara melarangnya? Siapa yang bisa melarang orang berpergian, misal dari Jakarta Timur, orang Duren Sawit, pergi ke rumah saudaranya di Cipete, atau orang dari Kebon Jeruk, dia mau ke rumah bibinya yang di Kalimalang, Bekasi. Bagaimana cara cegahnya? Di mana pencegahan itu dilaksanakan?" kata Sambodo saat diskusi virtual bersama Instran, Rabu (6/5).

TAGS:
psbbdishubmudiklebaran

RELATED STORIES

Loading interface...