Diterpa Kritik Dahsyat dari Masyarakat, DPR Ngotot Pertahankan Dewas KPK
Arsul Sani (sumber: Kabar24 - News)
Politik

Diterpa Kritik Dahsyat dari Masyarakat, DPR Ngotot Pertahankan Dewas KPK

Senin, 16 Sep 2019 | 15:21 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Kritik atas revisi UU KPK saat ini masih berlanjut. Banyak dari aktivis, cendikiawan, hingga lembaga antikorupsi Indonesia yang melayangkan protes terbuka kepada pemerintah dan DPR.

Namun DPR nampaknya tak ambil pusing mengenai tuntutan masyarakat. DPR justru menjelaskan tugas dan kewenangan Dewan Pengawas (Dewas) KPK. ‘

Hal tersebut disampaikan oleh  Panja RUU KPK, Arsul Sani. Ia menuturkan jika memang ada perdebatan soal komposisi dan tata cara pemilihan Dewas antara DPR dan pemerintah. Namun tantangan terberat adalah memilih Dewas yang independen.

“Tantangan yang kami hadapi adalah perihal memilih Dewas yang bisa indepnden. Mereka ini nantinya harus bersikap adil dalam menjalankan tugasnya, tidak dipergunakan oleh kelompok tertentu. Kami yakin bisa menemukan jalan tengahnya,” tegas Arsul, dilansir dari Detik.com, Senin (16/09).

Tidak hanya itu, Arsul mengaku jika kewenangan Dewas KPK juga masih menemui kendala. Pembahasan itu menyangkut izin penyadapan dan audit.

Arsul menenangkan jika pendapat dan kekhawatiran dari masyarakat tentu akan didengar oleh DPR. Pihaknya mengaku telah menyiapkan alternatif lain.

Keberadaan Dewas KPK ini meresahkan banyak pihak karena memiliki kewenangan untuk memberi atau tidak memberi izin penyadapan, penggeledahan, ataupun penyitaan oleh KPK. Adanya Dewas ini dianggap bisa melemahkan KPK.

 

TAGS:
revisi uu KPKArsul SaniDPR RIJoko Widodo

RELATED STORIES

Loading interface...