Dituntut ICW ke Pengadilan, Yasonna Laoly: Bodo Amat!
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (foto: Nasional Kompas)
Politik

Dituntut ICW ke Pengadilan, Yasonna Laoly: Bodo Amat!

Jumat, 31 Jan 2020 | 09:27 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memberikan respon atas pelaporan dirinya oleh Indonesia Corruption Watch (ICW) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). ICW memperkarakan Yasonna atas dugaan penghalangan usaha penyidikan KPK terkait kasus suap Caleg PDIP Harun Masiku.

Namanya dicatut dalam pusaran hukum, Yasonna mengaku tak mau ambil pusing. “Memangnya dia apa? Kenapa dilaporin? Biarkan saja, ada urusan apa?” kata Yasonna saat ditemui wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, dilasnir dari Suara.com, Jumat (31/01).

Yasonna menegaskan bahwa hanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bisa memecat dirinya. Menurut Yasonna, Presiden punya hak preogratif untuk menentukan dirinya tetap berada di kementerian atau tidak.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, ICW memang meminta Yasonna untuk diberhentikan lantaran sudah mendepak Ronny F. Sompie dari jabatannya sebagai Direktur Jenderal Imigrasi.

Menurut Yasonna, aksi pemecatan Ronny merupakan langkah yang tepat karena pemberian informasi salah terkait keberadaan Harun Masiku saat itu.

“Yang bisa mencopot saya hanya Presiden, bukan dia. Sepanjang saya benar, apapun akan labrak. Jangan pakai kata labrak lah, apapun akan saya lakukan. Karena masalah Masiku memang sistem kami yang sedang dalam apa itu kok. Sudah berapa tahun saya menyuruh pergantian sistem,” kata Yasonna pada Kamis (30/01).

Sebelumnya, Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhan langsung merespon Yasonna Laoly terkait pencopotan Ronny. Pendepakan Ronny ditenggarai oleh munculnya informasi Harun Masiku.

Melihat insiden ini, Kurnia menyebut jika Presiden Jokowi harusnya memecat Menteri Yasonna dari kabeint. Yasonna, disebutnya, memiliki otoritas tanpa batas di lembaganya.

TAGS:
Yasonna LaolyHarun MasikuPDIPICWKPKKemenkum HAMKurnia RamadhanRonny Franky SompieJoko WidodoJokowi

RELATED STORIES

Loading interface...