DPD Demokrat Banten Wacanakan AHY Maju Pilkada Tangsel 2020
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) diwacanakan menjadi calon wali kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Pilkada Tangsel 2020. [Foto: kumparan.com]
Politik

DPD Demokrat Banten Wacanakan AHY Maju Pilkada Tangsel 2020

Jumat, 6 Des 2019 | 16:46 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Menentang trah petahana yang bakal menguasai sejumlah kursi kepala daerah jelang Pilkada 2020 yang bakal digelar di 270 daerah, kini putra Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) santer terdengar bakal diusung di Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020.

Kabar tersebut diperoleh dari pernyataan Bupati Lebak, Banten yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Banten, Iti Octavia Jayabaya. Ia mewacanakan AHY bakal menantang putri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, yakni Siti Nur Azizah yang sudah lebih dulu mendaftar di sejumlah partai politik di Tangsel.

"Sekarang kan fenomenanya Pak Jokowi, anaknya mencalonkan Walikota Solo, mantunya mencalonkan di Medan. Kalau AHY mau ya kita calonkan disini," ujar Iti saat launching Penjaringan DPC Demokrat Tangsel di Rumah Makan Lembur Kuring, Serpong, Tangsel, Kamis (5/12) seperti dikutip RMOLBanten.com.

image0
Ketua DPD Demokrat Banten, Iti Octavia Jayabaya dalam pertemuan internal DPC Demokrat Tangerang Selatan (Tangasel), Kamis (5/12). [Foto: Serpongupdate.com]

Walau begitu, AHY masih akan menunggu persetujuan dari Ketua Umum, SBY dan dari DPP Demokrat.

"Kalau saya pribadi inginnya seperti itu, tapi kan Ketum dan DPP punya pertimbangan lain. Kalau kita dari DPD dan Tangsel punya pandangan seperti itu (mengusung AHY)," katanya.

"Pak SBY, kalau dulu kan suka dikaitkan dengan membangun dinasti, kalau sekarang kan sudah tidak ada posisi apa," tambah Iti.

Iti melihat, sudah seharusnya Demokrat menurunkan calon dengan nama besar. Terlebih di Tangsel sudah ada nama Wapres Indonesia yang menyatakan keseriusannya maju di Pilkada Tangsel.

"Tangsel ini kan lawannya berat-berat," imbuhnya.

Walau begitu, sebagai Ketua DPD Demokrat Provinsi Banten, Iti, membuka kesempatan seluas-luasnya kepada kader internal untuk mendaftar penjaringan bakal calon Walikota Tangsel.

"Tergantung (kader internal) kalau elektabilitasnya mumpuni ya kita pasti usung karena internal jauh lebih menguntungkan. Tapi kita juga kan harus berkoalisi karena baru lima kursi, sementara syarat harus 10 kursi," katanya.

"Makanya saya bilang kader internal punya kesempatan yang sama begitupun dari luar, nanti tim kelompok kerja (Pokja) di tiap kabupaten/kota yang mengolahnya. Dan yang penting melihat elektabilitas dan tidak cacat hukum," tegas Iti. [rmolbanten]

TAGS:
demokratPilkada Tangerang SelatanTangselPilkada 2020Agus Harimurti YudhoyonoAHYIti Octavia JayabayaBanten

RELATED STORIES

Loading interface...