Dua Partai Pendukung Prabowo-Sandiaga Diprediksi Akan "Berpindah Haluan" dan Mendukung Jokowi

Daniel
Daniel

Dua Partai Pendukung Prabowo-Sandiaga Diprediksi Akan "Berpindah Haluan" dan Mendukung Jokowi Jokowi dan Prabowo

Winnetnews.com -  Dua partai pendukung pasangan calon nomor urut 02, PAN dan Partai Demokrat, diprediksi berpotensi untuk berpindah haluan dan mendukung pasangan calon nomor urut 01. Hal itu disampaikan oleh Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI), Aisah Putri Budiarti.

Seperti diketahui saat ini baik PAN dan Partai Demokrat berada di kubu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Kata Aisah melansir Antara: “PAN dan Partai Demokrat adalah dua partai pendukung Prabowo-Sandi yang berpotensi mendukung Jokowi.”

Namun menurut analisa lebih lanjut yang dilakukan, Aisah menyatakan jika PAN bakal jadi partai yang berpotensi lebih besar untuk mendukung Jokowi ketimbang Partai Demokrat. Menurut Aisah, ada “faktor sejarah” yang mendukung PAN untuk mengalihkan dukungan kepada Jokowi.

PAN juga sebenarnya sudah memberikan isyarat soal itu selepas Pilpres 2019 pada 17 April 2019. Bahkan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan melakukan pertemuan dengan Jokowi di Istana Negara beberapa waktu lalu.

Menurut Aisah, Zulkifli Hasan “sadar dengan konsekuensi” pertemuannya dengan Jokowi. Ada indikasi juga bahwa Zulkifli ingin tahu bagaimana tanggapan dari kubu Prabowo-Sandiaga soal pertemuan tersebut. “Zulkifli sadar bahwa jika bergabung dengan koalisi pemerintahan akan sangat menguntungkan, karena koalisi akan mengikat selama lima tahun. Tahun 2024 peta politik akan berubah total jika Jokowi menang di 2019,” ujar Aisah.