Dua Rumah Sakit di Indonesia Sudah Terkena Serangan Cyber. Bahaya Banget!
Foto: Reuters
Nasional

Dua Rumah Sakit di Indonesia Sudah Terkena Serangan Cyber. Bahaya Banget!

Sabtu, 13 Mei 2017 | 23:05 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Dua rumah sakit besar di Indonesia telah terkena serangan cyber "ransomware" yang menginfeksi komputer secara global. Kedua rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Dharmais dan Rumah Sakit Harapan Kita di Jakarta.

"Upaya pelokalan server yang terinfeksi sedang dilakukan untuk mencegah penyebaran peralatan serangan tersebut," Semuel Pangerapan, seorang direktur jenderal Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia.

Ia menambahkan bahwa kementeriannya bekerja dengan pihak berwenang lainnya, termasuk Kementerian Kesehatan, untuk memecahkan masalah tersebut.

Pemerasan cyber menipu korban untuk membuka lampiran malware berbahaya ke email spam yang tampaknya mengandung faktur, tawaran pekerjaan, peringatan keamanan dan file sah lainnya.

Data terenkripsi ransomware di komputer, menuntut pembayaran sebesar $ 300 sampai $ 600 untuk memulihkan akses.

Serangan tersebut, yang memanfaatkan alat hacking yang diyakini telah dikembangkan oleh Badan Keamanan Nasional A.S., telah menginfeksi puluhan ribu komputer di hampir 100 negara.

"Ini sangat kejam," kata Abdul Kadir, direktur utama Rumah Sakit Dharmais.

Hampir semua komputer di rumah sakit terkena dampaknya, mengunci sistem teknologi informasinya, dan dengan itu catatan dan penagihan obat pasien.

Rumah sakit tersebut saat ini menginstal ulang sistemnya di komputer dan server cadangan. Ia memperkirakan penundaan operasional, karena saat ini rumah sakit beroperasi tanpa TI.

Kementrian komunikasi Indonesia menyarankan pengguna komputer untuk mencadangkan data mereka dan memperbarui keamanan mereka sebelum terhubung ke internet.

TAGS:
Ransomwareserangan cyberinternetIndonesia

RELATED STORIES

Loading interface...