Duh! Jerman Kembali Lockdown Pasca 1.553 Pekerja Pabrik Positif Covid-19
Pabrik Toennies di Kota Guetersloh, Jerman ditutup pasca ribuan pekerja pemotong hewan positif virus corona. (Foto: Ruptly)
Internasional

Duh! Jerman Kembali Lockdown Pasca 1.553 Pekerja Pabrik Positif Covid-19

Rabu, 24 Jun 2020 | 09:55 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Situasi di Kota Guetersloh, negara bagian North-Rhine Westphalia nampak sepi usai pemerintah Jerman menerbitkan kebijakan lockdown kembali. Hal ini dilakukan setelah muncul laporan kasus baru virus corona yang menginfeksi 1.553 pekerja pabrik pengolahan daging Toennies.

Perdana Menteri Guetersloh, Armin Laschet menegaskan, penguncian wilayah ini akan diberlakukan selama sepekan ke depan demi membatasi penyebaran virus corona. Laman CNNIndonesia, Rabu (24/6) melaporkan, pabrik tersebut telah ditutup sejak pekan lalu.

Selain ribuan pekerja positif Covid-19, pemerintah setempat meminta 7.000 karyawan lokal beserta keluarga mereka agar mengisolasi atau karantina mandiri, kendati belum dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Laschet menuturkan, bisa saja penguncian di wilayah itu meluas dan mencakup seluruh kota, dengan catatan jika ada penambahan kasus baru Covid-19. Sejauh ini, kata Laschet, penyebaran virus corona muncul dari mereka yang bekerja di rumah potong hewan tersebut.

Dinas Kesehatan setempat mengaku belum mengkalkulasi serta menelusuri kontak fisik dari para pekerja rumah potong hewan itu. Pasalnya, otoritas kesehatan setempat belum memastikan jumlah orang yang melakukan kontak fisik dengan para pekerja yang diketahui terinfeksi virus corona dalam beberapa hari terakhir.

Laschet telah menerjunkan 100 tim pengujian virus, melakukan pengetesan terhadap seluruh pekerja pabrik pemotongan hewan tersebut. Laschet menambahkan, ada 24 kasus virus corona yang terkonfirmasi di luar klaster rumah potong hewan per Selasa (23/6).

Pemerintah setempat dengan tegas menyatakan, selama diterapkan penguncian wilayah, warga dilarang melakukan pertemuan. Mau tidak mau, sejumlah tempat publik seperti sekolah, pusat penitipan anak, museum, restoran, kolam renang, pusat kebugaran, dan tempat publik lainnya dipaksa tutup.

Hanya sejumlah tokok yang menjual kebutuhan pokok yang tetap diizinkan beroperasi, dengan menerapkan protokol kesehatan serta menjaga kebersihan. Sementara itu, anggota keluarga yang berkunjung akan dibatasi hanya dua orang secara bersama.

North-Rhine Westphalia adalah negara bagian terpadat di Jerman, dengan hampir 18 juta penduduk. Lockdown yang diberlakukan di Kota Guetersloh merupakan pertama kalinya sejak Jerman mencabut penguncian wilayah setelah kasus virus corona melemah.

Dalam sepekan terakhir, hingga Senin (25/6), seluruh negara bagian melaporkan 1.860 kasus baru virus corona. Sementara data statistik John Hopkins University (JHU) mencatat, hingga kini Jerman memiliki 192.480 kasus virus corona dengan 8.914 kematian.

TAGS:
Jermanpositif virus coronarumah pemotongan hewankarantina mandiri

RELATED STORIES

Loading interface...